UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH DI KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK

Oktora Italiana, Florence (2012) UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH DI KELAS VII B SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI, FLORENCE OKTORA ITALIANA, 08416241044.pdf

Download (82MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa dengan menerapkan model pembelajaran aktif Index Card Match di kelas VII B SMP Muhammadiyah 2 Depok karena partisipasi aktif siswa di kelas tersebut masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 2 Depok sebanyak 32 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam 3 siklus. Dalam satu siklus terdapat satu kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Untuk itu, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data digunakan triangulasi metode. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila rata-rata persentase indikator partisipasi aktif siswa mencapai 75% dan apabila 75% dari siswa kelas VII B memiliki nilai minimal 64 pada mata pelajaran IPS. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penerapan model pembelajaran aktif Index Card Match dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VII B SMP Muhammadiyah 2 Depok. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata persentase indikator partisipasi aktif siswa setiap siklusnya. Pada siklus I rata-rata persentase indikator partisipasi aktif siswa adalah 55%. Pada siklus II menjadi 67% atau mengalami peningkatan sebesar 12%. Pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 17% sehingga menjadi 84%. Hal ini berarti bahwa rata-rata persentase indikator partisipasi aktif siswa telah melampaui kriteria keberhasilan tindakan yang ditetapkan yaitu 75%; 2) Penerapan model pembelajaran aktif Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan persentase siswa yang mencapai nilai KKM pada siklus I sebesar 44% meningkat menjadi 71% pada siklus II. Selanjutnya masih mengalami peningkatan menjadi 86% pada siklus III. Hal ini berarti bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai KKM (64) telah melampaui kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75%. Kata Kunci: Index Card Match, Partisipasi Aktif Siswa, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 29 Jul 2015 06:11
Last Modified: 30 Jan 2019 01:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23868

Actions (login required)

View Item View Item