KEMAMPUAN TEKNIK DASAR MEMUKUL, MELEMPAR, DAN MENANGKAP BOLA DALAM PERMAINAN KASTI SISWA KELAS IV SD NEGERI DEMEN, TEMON KABUPATEN KULON PROGO

Rujarna (2015) KEMAMPUAN TEKNIK DASAR MEMUKUL, MELEMPAR, DAN MENANGKAP BOLA DALAM PERMAINAN KASTI SISWA KELAS IV SD NEGERI DEMEN, TEMON KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Rujarna.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan masih ada beberapa siswa kelas IV SD Negeri Demen Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo yang masih kurang maksimal dalam melakukan belajar tentang teknik dasar-dasar keterampilan bermain kasti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan memukul, melempar, dan menangkap bola dalam permainan kasti siswa kelas IV SD Negeri Demen Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Demen Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 21 siswa. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa: (1) Kemampuan teknik dasar memukul bola dalam permainan kasti siswa kelas IV SD Negeri Demen Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 0% (0 siswa), kategori “kurang” sebesar 33,33% (7 siswa), kategori “sedang” sebesar 33,33% (7 siswa), kategori “baik” sebesar 28,57% (6 siswa), “sangat baik” sebesar 4,76% (1 siswa). (2) Kemampuan teknik dasar melempar bola dalam permainan kasti siswa kelas IV SD Negeri Demen Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 0% (0 siswa), kategori “kurang” sebesar 28,57% (6 siswa), kategori “sedang” sebesar 61,90% (13 siswa), kategori “baik” sebesar 19,05% (4 siswa), “sangat baik” sebesar 4,76% (1 siswa). (3) Kemampuan teknik dasar menangkap bola dalam permainan kasti siswa kelas IV SD Negeri Demen Kecamatan Temon Kabupaten Kulon Progo berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 0% (0 siswa), kategori “kurang” sebesar 14,29% (3 siswa), kategori “sedang” sebesar 47,62% (10 siswa), kategori “baik” sebesar 23,81% (5 siswa), “sangat baik” sebesar 14,29% (3 siswa).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan memukul, melempar, menangkap, permainan kasti
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:51
Last Modified: 30 Jan 2019 01:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23866

Actions (login required)

View Item View Item