Maryanah, Fitria (2014) PENERAPAN METODE BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VII C SMP NEGERI 1 MANISRENGGO KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, UNY.
|
Text
1.HALAMAN DEPAN.pdf Download (409kB) | Preview |
|
|
Text
2.ABSTRAK.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
3.BAB I.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
4.BAB II.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
5.BAB III.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
6.BAB IV.pdf Download (717kB) | Preview |
|
|
Text
7.BAB V.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
9.LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
10.RINGKASAN SKRIPSI.pdf Download (432kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan metode Buzz Group dalam meningkatkan: 1) kerjasama siswa; 2) keaktifan siswa; dan 3) hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VII C SMP Negeri 1 Manisrenggo Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Manisrenggo tahun ajaran 2013/2014. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Terdapat empat tahap dalam setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu rata-rata persentase keseluruhan indikator kerjasama siswa, keaktifan siswa dan hasil belajar siswa mencapai ≥75%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode Buzz Group dapat meningkatkan kerjasama siswa. Berdasarkan hasil observasi kerjasama siswa mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 66,25%, sedangkan pada siklus II sebesar 84,06% dan sudah mencapai kriteria keberhasilan. Berdasarkan hasil perhitungan angket juga menunjukkan peningkatan kerjasama siswa pada siklus I sebesar 69% menjadi 77% pada siklus II dan sudah mencapai kriteria keberhasilan. 2) Penerapan metode Buzz Group dapat meningkatkan keaktifan siswa. Berdasarkan hasil observasi keaktifan siswa mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 51,56%, sedangkan pada siklus II sebesar 75,63% dan sudah mencapai kriteria keberhasilan. Berdasarkan hasil perhitungan angket juga menunjukkan peningkatan keaktifan siswa pada siklus I sebesar 71% meningkat menjadi 78% pada siklus II dan sudah mencapai kriteria keberhasilan. 3) Penerapan metode Buzz Group juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 50%, pada siklus II sebanyak 78,12% dari jumlah siswa sebanyak 32 orang dan sudah mencapai kriteria keberhasilan yang ditentukan. Kata kunci: metode Buzz Group, kerjasama, keaktifan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPS FIS |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 06:10 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:22 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23864 |
Actions (login required)
View Item |