IMPLEMENTASI PROSES PEMBELAJARAN IPS KELAS VII TAHUN AJARAN 2013/2014 DI SMP SASARAN KURIKULUM 2013 KOTA YOGYAKARTA

Eka Pertiwi, Rizki (2014) IMPLEMENTASI PROSES PEMBELAJARAN IPS KELAS VII TAHUN AJARAN 2013/2014 DI SMP SASARAN KURIKULUM 2013 KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (367kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi proses pembelajaran IPS dalam Kurikulum 2013 yang meliputi: (1) perencanaan pembelajaran; (2) pelaksanaan pembelajaran; dan (3) penilaian proses dan hasil pembelajaran. Penelitian ini merupakan penilitian kualitatif. Lokasi penelitian yaitu SMPN 8 Yogyakarta, SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakarta, dan SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data serta perpanjangan pengamatan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah (1) perencanaan pembelajaran IPS pada SMP di Kota Yogyakarta belum berjalan baik, karena perencanaan pembelajaran disusun tidak sebelum kegiatan pembelajaran tetapi RPP yang disusun sudah sesuai dengan ketentuan Kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik serta merencanakan penilaian autentik sebagai standar penilaian dalam Kurikulum 2013; (2) kegiatan pembelajaran IPS dengan pendekatan saintifik sudah berjalan dengan didukung model pembelajaran seperti cooperative learning, dan problem based learning, tetapi dalam langkah-langkah pembelajaran saintifiknya masih ada yang terlewati, sedangkan pembelajaran IPS secara terpadu sudah berjalan sesuai kompetensi yang telah ada serta dibantu dari buku pegangan guru/siswa yang memang didesain sudah terpadu; (3) penilaian proses dan hasil belajar IPS dalam Kurikulum 2013 sudah berjalan cukup baik, penilaian yang digunakan dalam penilaian sikap adalah pengamatan, penilaian untuk menilai keterampilan siswa mengandalkan kegiatan presentasi siswa di depan kelas, sedangkan untuk menilai pengetahuan siswa menggunakan tugas-tugas baik individu maupun kelompok, ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester. Kata Kunci: Kurikulum 2013, proses pembelajaran, IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 29 Jul 2015 06:10
Last Modified: 30 Jan 2019 01:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23863

Actions (login required)

View Item View Item