HUBUNGAN BAKAT DAN KREATIVITAS DENGAN KEMAMPUAN MENCIPTAKAN TARI PADA SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN SENI TARI SMK NEGERI 1 KASIHAN BANTUL

Diny Tri Prastini, Dini (2015) HUBUNGAN BAKAT DAN KREATIVITAS DENGAN KEMAMPUAN MENCIPTAKAN TARI PADA SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN SENI TARI SMK NEGERI 1 KASIHAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Diny Tri Prastini 11209241043.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji signifikansi, 1) hubungan bakat dengan kemampuan menciptakan tari pada siswa Kompetensi Keahlian Seni Tari SMK Negeri 1 Kasihan Bantul, 2) hubungan kreativitas dengan kemampuan menciptakan tari pada siswa Kompetensi Keahlian Seni Tari SMK Negeri 1 Kasihan Bantul, 3)hubungan bakat dan kreativitas dengan kemampuan menciptakan tari secara bersama-sama pada siswa Kompetensi Keahlian Seni Tari SMK Negeri 1 Kasihan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Seni Tari yang telah mengikuti Mata Pelajaran Pementasan sebanyak 81 siswa.Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XII T1 dan XII T2 dengan jumlah siswa sebanyak 40 siswa.Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi product moment dan korelasi ganda dengan taraf signifikansi hasil analisis sebesar 5%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara bakat dengan kemampuan menciptakan tari pada siswa Kompetensi Keahlian Seni Tari SMK Negeri 1 Kasihan Bantul. Hal ini dibuktikan dengan taraf signifikansi 0,006 (P ≤ 0,05), artinya ada hubungan yang berpengaruh positif dan meyakinkan antara bakat dengan kemampuan menciptakan tari. 2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas dengan kemampuan menciptakan tari pada siswa Kompetensi Keahlian Seni Tari SMK Negeri 1 Kasihan Bantul. hal ini dibuktikan dengan taraf signifikansi 0,007 (P ≤ 0,05), artinya ada hubungan yang berpengaruh positif dan meyakinkan antara kreativitas dengan kemampuan menciptakan tari.3)ada hubungan yang positif dan signifikan antara bakat dan kreativitas dengan kemampuan menciptakan tari secara bersama-sama pada siswa Kompetensi Keahlian Seni Tari SMK Negeri 1 Kasihan Bantul. hal ini dibuktikan dengan taraf signifikansi 0,003 (P ≤ 0,05), artinya ada hubungan yang berpengaruh positif dan meyakinkan antara bakat dan kreativitas dengan kemampuan menciptakan tari secara bersama-sama. Dan nilai F hitung = 7,019 ≥ F tabel dengan derajat kebebasan 38.2 pada taraf signifikansi 5% yaitu 3,250.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: bakat, kreativitas, kemampuan menciptakan tari
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 27 Jul 2015 05:27
Last Modified: 30 Jan 2019 01:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23861

Actions (login required)

View Item View Item