PENGARUH PENGEMBANGAN BENTUK PROPERTI KUDA TERHADAP VARIASI GERAK TARI JARAN PESISIRAN DI SANGGAR KRISNA MUKTI DESA KRETEK PARANGTRITIS KECAMATAN KRETEK KABUPATEN BANTUL

Novitasari Putri Jaswanti, Puput (2015) PENGARUH PENGEMBANGAN BENTUK PROPERTI KUDA TERHADAP VARIASI GERAK TARI JARAN PESISIRAN DI SANGGAR KRISNA MUKTI DESA KRETEK PARANGTRITIS KECAMATAN KRETEK KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pengembangan bentuk properti kuda terhadap variasi gerak tari Jaran Pesisiran di Sanggar Krisna Mukti desa Kretek Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah Sanggar Krisna Mukti Desa Kretek Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Penelitian difokuskan pada pengembangan bentuk properti kuda terhadap efek gerak tari dalam penyajian tari Jaran Pesisiran. Subjek penelitian adalah ketua Sanggar Krisna Mukti, penari, pemusik, pakar tari (seniman tari). Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dilakukan analisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikn kesimpulan. Uji keabsahan data dengan menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh pengembangan bentuk properti kuda terhadap variasi gerak tari Jaran Pesisiran di Sanggar Krisna Mukti desa Kretek Parangtritis Kretek Bantul mempunyai nilai estetika dalam bentuk pengembangan properti kuda kepang dan kuda tiga dimensi. Kuda kepang yag terbuat dari bambu, dan kuda tiga dimensi terbuat dari sterofom, maka terlihat bentuk kuda yang nyata. Properti tersebut mengakibatkan efek gerak yang terdapat nilai negatif dan positif. Nilai positifnya, penggunaan properti tersebut terlihat unik, indah dan inovatif. Nilai negatifnya, beban properti berat dan sulit untuk mengkreasikan gerak. Karena bentuk properti yang statis dan kurang vatiatif. Bentuk penyajiannya, meliputi: gerak, properti, tata rias busana, iringan, tempat pementasan, dan pola lantai. Gerak terdiri dari: unsur gerak kaki(hadeg, mendhak, jinjit, nylekenthing, dan trecet), , unsur gerak tangan (ngithing, ngruji, nyempurit, dan ngepel), unsur gerak badan (ndegeg dan ngleyek), dan unsur gerak kepala(tolehan). Properti menggunakan kuda kepang dan kuda tiga dimensi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: variatif, inovatif, nilai estetik,elemen komposisi tari Jaran Pesisiran
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 27 Jul 2015 05:00
Last Modified: 30 Jan 2019 01:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23860

Actions (login required)

View Item View Item