Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA 2 Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Yogyakarta Pada Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI)

Pritasari, Ajeng Desi Crisandi (2011) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA 2 Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Yogyakarta Pada Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
skripsi_(ajeng_desi-07301241049).pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 8 Yogyakarta melalui pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas empat tahap yaitu:perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2. Sedangkan objek penelitian adalah keseluruhan proses dan hasil pembelajaran matematika dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Instrumen berupa soal tes, angket, dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan empat kali pertemuan dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan langkah-langkah meliputi: grouping, planning, investigation, organizing, presenting, evaluating, dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Pada siklus I diperoleh persentase aspek kemampuan memberikan penjelasan yang sederhana adalah 66,24% dengan kualifikasi sedang, persentase aspek memberikan penjelasan lanjut adalah 97,41% dengan kualifikasi sangat tinggi, aspek keterampilan mengatur strategi dan taktik mencapai 96,26% dengan kualifikasi sangat tinggi, aspek keterampilan menyimpulkan atau mengevaluasi mencapai 36,50% dengan kualifikasi sangat rendah. Jadi, kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 2 adalah 74,10% dengan kualifikasi sedang. Kemudian pada siklus II diperoleh persentase aspek kemampuan memberikan penjelasan yang sederhana adalah 94,83% dengan kualifikasi sangat tinggi, persentase aspek memberikan penjelasan lanjut adalah 97,13% dengan kualifikasi sangat tinggi, aspek keterampilan mengatur strategi dan taktik mencapai 96,70% dengan kualifikasi sangat tinggi, aspek keterampilan menyimpulkan atau mengevaluasi mencapai 72,55% dengan kualifikasi sedang. Sehingga kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA 2 meningkat menjadi sebesar 90,30% dengan kualifikasi sangat tinggi. Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis, Group Investigation

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: F. MIPA
Date Deposited: 20 Jul 2012 05:58
Last Modified: 29 Jan 2019 14:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2384

Actions (login required)

View Item View Item