PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS OLAHRAGA DENGAN KELAS REGULER DI SMA N 1 PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO

Mulyadi (2015) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS OLAHRAGA DENGAN KELAS REGULER DI SMA N 1 PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_MULYADI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Di SMA N 1 Pengasih belum diketahui perbedaan prestasi belajar pada siswa kelas reguler dan olahraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa kelas olahraga dengan prestasi belajar siswa kelas reguler di SMA N 1 Pengasih Kabupaten Kulon Progo, kelas manakah yang lebih baik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku rapor yang memuat nilai hasil ulangan umum semester ganjil dan genap di SMA N 1 Pengasih. Variabel dalam penelitian ini yaitu kelas olahraga dan kelas reguler (independent variable) dan prestasi belajar siswa kelas X SMA N 1 Pengasih. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Pengasih dengan jumlah populasi 179, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas olahraga yang berjumlah 26 dan 153 siswa kelas reguler. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan total sampling.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik komparatif dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar siswa kelas olahraga dengan prestasi belajar siswa reguler di SMA N 1 Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Hal ini ditunjukkan dengan harga mean kelas olahraga semester 1 sebesar 76,90, sedangkan mean kelas regular semester 1sebesar 78,73 dan mean kelas olahraga semester 2 sebesar 77,31 sedangkan mean kelas reguler semester 2 sebesar 79,76 . Karena mean kelas olahraga semester 1= 76,90 < mean kelas regular 1 = 78,73 dan mean kelas olahraga semester 2 = 77,31 < mean kelas reguler semester 2 = 79,72 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbeaan yang signifikan prestasi belajar kelas olahraga dengan kelas reguler.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar, kelas olahraga, kelas reguler
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:51
Last Modified: 11 Mar 2019 02:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23837

Actions (login required)

View Item View Item