IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM RADIO DAN TELEVISI KELAS XI JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Ari, Herliyanto (2015) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM RADIO DAN TELEVISI KELAS XI JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Ari Herliyanto_11502244002.PDF

Download (8MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM RADIO DAN TELEVISI KELAS XI JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA THE IMPLEMENTATION OF PROBLEM SOLVING LEARNING METHOD TO INCREASEACTIVITY AND LEARNING OUTCOMES IN THESUBJECT OF RADIO AND TELEVISION ENGINEERING SYSTEM XI CLASS OF AUDIO VIDEO ENGINEERING MAJOR OF VOCATIONAL SCHOOL 2 YOGYAKARTA Oleh: Ari Herliyanto, Pendidikan Teknik Elektronika, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. ariherliyanto@gmail.com Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan mengetahui hasil belajar siswa menggunakan metode problem solving pada mata pelajaran Perekayasaan Sistem Radio dan Televisi Kelas XI Jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus dengan model Kemmis dan Taggart. Alur penelitian terdiri dari “Perencanaan-Tindakan-Observasi-Refleksi”. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes pilihan ganda dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode problem solving dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran Perekayasaan Sistem Radio dan Televisi. Pada siklus pertama keaktifan siswa sebesar 70,95%, siklus kedua meningkat 9,81% menjadi 80,76% dan siklus ketiga meningkat 6,54% menjadi 87,30%. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa, yaitu: pada siklus pertama meningkat 5,24%, pada siklus kedua meningkat 4,90% dan pada siklus ketiga meningkat 6,64%. Kata kunci: metode pembelajaran problem solving, perekayasaan sistem radio dan televisi, keaktifan, hasil belajar This research aims to understand the increase activity and student’s learning outcomes using problem solving methods in the subject of system engineering radio and television class XI engineering majors audio video Vacational High School 2 Yogyakarta .This action research that was undertaken in the three cycles with a model Kemmis and Taggart. The process of this research consisting of “Planning- Action – Observation – Reflection”. Data collection method using sheets of observation, multiple choice tests and an interview. The analysis of the data used is descriptive qualitative analysis, i.e., describing the fact or facts in accordance with the data obtained. The result of research shows that the lesson using problem solving method can increase activity and learning outcomes in subject of system engineering radio and television. In the first cycle 70,95% of activity, the second cycle increased 9.81% to 80,76% and the third cycle increased 6,54% to 87,30% . There is also an increase in student learning outcomes, i.e., in the first cycle 5.24% increase, in the second cycle increased 4,90%, and in the third cycle increased 6,64%. Keywords: Problem solving learning method, system engineering radio and television, activity, learning outcomes.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 27 Jul 2015 02:25
Last Modified: 30 Jan 2019 01:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23831

Actions (login required)

View Item View Item