TINGKAT KETERAMPILAN DASAR BERMAIN SEPAKTAKRAW SISWAPESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAK TAKRAW DISD NEGERI 1 BEJIRUYUNG KECAMATAN SEMPOR KABUPATEN KEBUMEN

ARIEF NUGROHO Liestiyanto, (2015) TINGKAT KETERAMPILAN DASAR BERMAIN SEPAKTAKRAW SISWAPESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAK TAKRAW DISD NEGERI 1 BEJIRUYUNG KECAMATAN SEMPOR KABUPATEN KEBUMEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ARIEF NUGROHO LIESTIYANTO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terjadi di SD Negeri 1 Bejiruyung pada ektrakurikuler sepaktakraw adalah sebagian siswa ada yang belum terampil melakukan sepakmula, sepaksila, sepakkuda, heading dan smash pada keterampilan dasar bermain sepaktakraw pada diri peserta. dsar bermain sepaktakraw memiliki perasn yang sangat penting terhadap keberhasilan dalam bermain sepaktakraw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat keterampilan dasar bermain sepaktakraw pada siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di SD Negeri 1 Bejiruyung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti kegiatan ektrakurikuler sepaktakraw di SD Negeri 1 Bejiruyung yang terdiri atas kelas IV, V, dan VI yang berjumlah 30 siswa putra. Instrumen penelitian ini menggunakan metode tes keterampilan dasar bermain sepaktakraw yang terdiri dari tes sepakmula, sepaksila, sepakkuda, heading dan smash menggunakan teknik analisis data diskriptif kuantitatif dengan prosentase. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) kategori sangat tinggi sebanyak 3 siswa atau sebesar 10%; (2) kategori baik sebanyak 6 siswa atau sebesar 20%; (3) kategori sedang sebanyak 11 siswa atau sebesar 37%; (4) kategori kurang sebanyak 10 siswa atau sebesar 33%; dan (5) tidak terdapat nilai sangat kurang atau 0%. Hasil nilai uji deskriptif didapatkan skor maksimal yang diperoleh sebesar 75,65 dan skor minimal 37,27 dengan skor rata-rata 50.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Keterampilan, Sepaktakraw, Ekstrakurikuler.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > PGSD Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:51
Last Modified: 29 Jul 2015 07:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23829

Actions (login required)

View Item View Item