ANALISIS KINERJA UNIT PENGELOLA KEUANGAN (UPK) DAN UNIT PENGELOLA SOSIAL (UPS) DALAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN PADA BKM NGUDI MAKMUR DESA SEMANU KECAMATAN SEMANU GUNUNGKIDUL

Danarti Purnomo, Arum (2015) ANALISIS KINERJA UNIT PENGELOLA KEUANGAN (UPK) DAN UNIT PENGELOLA SOSIAL (UPS) DALAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN PADA BKM NGUDI MAKMUR DESA SEMANU KECAMATAN SEMANU GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ARUM DANARTI PURNOMO_11404241024.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kesesuaian penerima pinjaman bergulir UPK BKM Ngudi Makmur dengan kriteria kemiskinan BPS, (2) kesesuaian peserta pelatihan kewirausahaan UPS BKM Ngudi Makmur dengan kriteria kemiskinan BPS, (3) kinerja UPK BKM Ngudi Makmur Desa Semanu dalam pengelolaan pinjaman bergulir, (4) kinerja UPS BKM Ngudi Makmur Desa Semanu dalam pelaksanaan pelatihan kewirausahaan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian yaitu seluruh peserta pelatihan kewirausahaan yang dilaksanakan oleh UPS BKM Ngudi Makmur yang sekaligus sebagai penerima manfaat pinjaman bergulir yang dilaksanakan oleh UPK BKM Ngudi Makmur yang berjumlah 84 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerima manfaat dari pinjaman bergulir tidak sesuai dengan kriteria kemiskinan BPS karena sebagian besar bukan warga miskin sehingga tidak tepat sasaran, (2) peserta pelatihan kewirausahaan tidak sesuai dengan kriteria kemiskinan BPS karena sebagian besar bukan warga miskin sehingga tidak tepat sasaran, (3) kinerja UPK BKM Ngudi Makmur dalam pengelolaan pinjaman bergulir menunjukkan kondisi memadai dengan perolehan total 69,048%; sangat memadai sebesar 29,762%; dan kurang memadai sebesar 1,190% (4) kinerja UPS BKM Ngudi Makmur dalam melaksanakan pelatihan kewirausahaan menunjukkan kondisi memadai sebesar 70,239%; kurang memadai sebesar 20,239%; dan 9,524 % menunjukkan sangat memadai.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi Mikro
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23826

Actions (login required)

View Item View Item