ANALISIS EFISIENSI ORGANISASI PENGELOLA ZAKAT NASIONAL DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (Studi di Badan Amil Zakat Nasional, Dompet Dhuafa dan Lazis Nahdlatul Ulama Periode 2013)

Wahyuny, Ikka Nur (2015) ANALISIS EFISIENSI ORGANISASI PENGELOLA ZAKAT NASIONAL DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (Studi di Badan Amil Zakat Nasional, Dompet Dhuafa dan Lazis Nahdlatul Ulama Periode 2013). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Ikka Nur Wahyuny_11404241007.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efisiensi Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) Nasional pada periode 2013 dengan menggunakan metode Data Envelopment Analysis dan pendekatan produksi serta intermediasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian Organisasi Pengelola Zakat Nasional dengan teknik purposive sampling. Dari 19 OPZ yang tercatat di Kementerian Keuangan, dipilih tiga OPZ yang mempunyai karakterisitik khusus yakni Badan Amil Zakat Nasional yang merupakan OPZ yang didirikan oleh pemerintah, Dompet Dhuafa sebagai Lembaga Amil Zakat yang mengelola dana terbesar dan Lazis Nahdlatul Ulama yang didirikan oleh organisasi massa Nahdlatul Ulama. Objek yang diteliti adalah laporan keuangan pada periode 2013. Metode yang digunakan adalah Data Envelopment Analyisis (DEA). Dengan pendekatan produksi dan intermediasi serta asumsi CRS dan VRS. Pada pendekatan produksi variabel input yang digunakan adalah biaya personalia, biaya operasional, dan biaya sosialisasi ziswaf. Sedangkan variabel output yang digunakan adalah dana ziswaf yang diterima serta dana ziswaf yang disalurkan.Pada pendekatan intermediasi, variabel input yang digunakan adalah dana ziswaf yang diterima, biaya personalia, dan biaya operasional. Sedangkan variabel outputnya adalah dana ziswaf yang disalurkan, aktiva tetap, serta aktiva lancar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Organisasi Pengelola Zakat Nasional dengan pendekatan intermediasi menunjukkan kinerja Badan Amil Zakat Nasional, Dompet Dhuafa, dan Lazis Nahdlatul Ulama yang efisien. Sedangkan pada pendekatan produksi, terdapat inefisiensi pada Dompet Dhuafa dengan skor 0,51. Inefisiensi terjadi pada variabel Biaya Personalia, Biaya Operasional, Biaya Sosialisasi Ziswaf, serta Dana Ziswaf yang Disalurkan. Untuk meningkatkan efisiensinya pada variabel-variabel tersebut, Dompet Dhuafa perlu mengacu pada kinerja Lazis Nahdlatul Ulama.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23822

Actions (login required)

View Item View Item