FAKTOR PENDUKUNG KELANCARAN PEMBELAJARAN RENANG PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KABUPATEN KLATEN JAWA TENGAH

Wahyu Utomo (2015) FAKTOR PENDUKUNG KELANCARAN PEMBELAJARAN RENANG PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KABUPATEN KLATEN JAWA TENGAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_WAHYU UTOMO.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Di SMP Negeri 3 Klaten untuk materi renang tidak mengacu pada kurikulum, yang seharusnya sebagai materi pilihan tetapi menjadi materi pokok. Tujuan Penelitian untuk mengetahui faktor pendukung kelancaran pembelajaran renang pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survey dengan pengambilan data menggunakan angket. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Klaten yang berjumlah 263 orang. Sampel penelitian berjumlah 93 siswa yang diambil secara Proportional Random Sampling. Hasil uji coba instrument dari 36 butir pernyataan, gugur 5 butir pernyataan dan diperoleh 31 butir pernyataan yang valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil dari penelitian faktor pendukung kelancaran pembelajaran renang pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Klaten yaitu berada di kategori “sangat tinggi” dengan persentase 5,376%, katagori “tinggi” dengan persentase 32,258%, kategori “sedang” 29,032%, kategori “rendah” 25,807%, dan katagori “sangat rendah” 7,527%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: faktor pendukung kelancaran pembelajaran renang
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:52
Last Modified: 11 Mar 2019 02:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23814

Actions (login required)

View Item View Item