PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PEDALANGAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) DEWI FORTUNA

Rio Dwi Nugroho, Rio (2015) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PEDALANGAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) DEWI FORTUNA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Rio Dwi Nugroho (10102241023).pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengelolaan pembelajaran pedalangan berbasis kearifan lokal pada PKBM Dewi Fortuna; dan (2) faktor-faktor yang mendukung dan yang menghambat pengelolaan pembelajaran pedalangan berbasis kearifan lokal pada PKBM Dewi Fortuna. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah narasumber yang memberikan berbagai informasi yang diperlukan selama proses penelitian. Informan atau narasumber dalam penelitian ini terdiri dari pengelola PKBM Dewi Fortuna dan juga warga belajar. Instrumen penelitian ini berupa manusia, yaitu peneliti sendiri (human instrument). Dalam pengumpulan data penelitian, peneliti didukung oleh pedoman wawancara dan pedoman observasi. Triangulasi data dilakukan melalui triangulasi teknik. Analisis data dilakukan sesuai dengan tahap analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PKBM Dewi Fortuna mengelola pembelajaran pedalangan dengan berbasis pada kearifan lokal. Dalam pelaksanaan pembelajaran pedalangan, PKBM Dewi Fortuna telah mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal. PKBM Dewi Fortuna memiliki faktor-faktor pendukung yang dapat menambah laju perkembangan pembelajaran pedalangan berbasis kearifan lokal. Faktor pendukung tersebut antara lain adalah sikap antusias dan respon positif dari warga masyarakat untuk ikut belajar pada PKBM Dewi Fortuna, serta banyaknya mitra kerja dalam bidang program kegiatan maupun dalam pemasaran produk dan jasa. Di samping faktor pendukung, PKBM Dewi Fortuna masih mengalami hambatan. Faktor penghambat pengelolaan pembelajaran pedalangan berbasis kearifan lokal adalah kurangnya sarana dan prasarana yang tersedia, serta minimnya anggaran yang dapat digunakan dalam program kegiatan dan pembelajaran pada PKBM Dewi Fortuna. Kata kunci: pengelolaan pembelajaran pedalangan, kearifan lokal, PKBM

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23813

Actions (login required)

View Item View Item