STUDI EKSPLORASI MANFAAT PENGUATAN MODAL USAHA PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI BERBASIS KEWILAYAHAN (PEW) BAGI USAHA MIKRO DAN KECIL DI KECAMATAN UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2012-2013

Wijayanti, Nanik (2015) STUDI EKSPLORASI MANFAAT PENGUATAN MODAL USAHA PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI BERBASIS KEWILAYAHAN (PEW) BAGI USAHA MIKRO DAN KECIL DI KECAMATAN UMBULHARJO KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2012-2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full - Nanik W - 11404241046.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) manfaat penyaluran penguatan modal usaha PEW bagi kelompok usaha mikro dan kecil di Kecamatan Umbulharjo, 2) bentuk manfaat dari penyaluran penguatan modal usaha PEW bagi pelaku usaha mikro dan kecil di Kecamatan Umbulharjo, 3) kendala yang dihadapi oleh kelompok usaha mikro dan kecil penerima penguatan modal usaha PEW di Kecamatan Umbulharjo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif. Populasi penelitian ini yaitu kelompok usaha mikro dan kecil penerima penguatan modal usaha PEW tahun 2012-2013 yang berjumlah 47 kelompok dimana setiap kelompok beranggotakan minimal 10 anggota. Pengambilan sampel menggunakan quota sampling. Sampel penelitian ini yaitu kelompok usaha mikro dan kecil penerima penguatan modal usaha PEW yang berjumlah 50 penerima. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi untuk memperoleh data mengenai manfaat penguatan modal usaha PEW. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif eksploratif yang disajikan dalam bentuk tabel dan diagram. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerima penguatan modal usaha PEW memperoleh manfaat berupa bertambahnya modal usaha, bertambahnya jumlah tenaga kerja, bertambahnya pendapatan, bertambahnya nilai aset, dan bertambahnya nilai tabungan. Berdasarkan hasil penelitian kendala yang dihadapi dapat dibagi menjadi dua yakni kendala internal dan kendala eksternal. Kendala internal yaitu ketidakdisiplinan penerima PEW, minimnya kemampuan mengelola keuangan, dan kesulitan menyatukan visi dan misi anggota. Sedangkan kendala eksternal yaitu informasi PEW yang sulit didapatkan, prosedur pengajuan PEW yang berbelit-belit, proses pencairan PEW lama, laporan PEW yang merepotkan, dan kurangnya pendampingan dari Pemkot Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi Mikro
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23807

Actions (login required)

View Item View Item