MOTIVASI SISWA KELAS VI SD NEGERI JOMBOR LORKABUPATEN SLEMAN DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

Dwi Setyo Utomo (2015) MOTIVASI SISWA KELAS VI SD NEGERI JOMBOR LORKABUPATEN SLEMAN DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang disebabkan oleh berbagai faktor baik dari dalam diri siswa (Intrinsik) dan faktor dari luar (ekstrinsik). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar motivasi siswa kelas VI SD Negeri Jombor Lor Kabupaten Sleman dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri Jombor Lor Kabupaten Sleman dengan jumlah 32 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari anggota populasi, sehingga penelitian ini adalaah penelitian populasi. Instrumen yang digunakan berupa angket, dengan uji validitas instrumen menggunakan rumus Product Momendari Karl Pearson dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase motivasi siswa kelas VI SD Negeri Jombor Lor Kabupaten Sleman dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi siswa kelas VI SD Negeri Jombor Lor Kabupaten Sleman dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berkategori sedang dengan frekuensi 13 (40,6%). Secara rinci motivasi siswa kelas VI SD Negeri Jombor Lor Kabupaten Sleman dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berdasar faktor intrinsik berkategori sedang, dengan frekuensi yang diperoleh sebesar 13 (40,6%). Pada motivasi siswa kelas VI SD Negeri Jombor Lor Kabupaten Sleman dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga da kesehatan berdasar faktor ekstrinsik juga berkategori sedang, dengan frekuensi yang diperoleh sebesar 12 (37,5%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, siswa, Pembelajaran Penjasorkes
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:51
Last Modified: 30 Jan 2019 01:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23803

Actions (login required)

View Item View Item