HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN GAYA BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MAHASISWA

Liliana Fitriani, Liliana (2015) HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN GAYA BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MAHASISWA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi Liliana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan pemanfaatan perpustakaan dengan kemandirian belajar pada mahasiswa, (2) Hubungan gaya belajar dengan kemandirian belajar pada mahasiswa, (3) Hubungan pemanfaatan perpustakaan dan gaya belajar secara bersama-sama dengan kemandirian belajar pada mahasiswa. Desain penelitian yang dipakai adalah penelitian korelasoinal dan expost-facto. Subyek penelitian yaitu mahasiswa FIP UNY angkatan 2014 sebanyak 62 mahasiswa. Pengumpulan data dengan metode angket. Uji instrumen dilakukan terhadap 30 mahasiswa jurusan PAUD FIP UNY angkatan 2014. Uji validitas instrumen dengan menggunakan teknik analisis Product Moment, sedangkan uji reliabilitas dengan menggunakan koefisien Alpha. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Uji hipotesis dilakukan menggunakan analisis korelasi Product Moment untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas secara sendiri-sendiri dengan variabel terikat, sedangkan untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel bebas secara bersama-sama dengan variabel terikat dengan menggunakan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan dengan kemandirian belajar pada mahasiswa, dengan koefisien korelasi 0,679; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar dengan kemandirian belajar pada mahasiswa, dengan koefisien korelasi 0,272. (3) Sedangkan pemanfaatan perpustakaan dan gaya belajar secara bersama-sama memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kemandirian belajar, dengan F hitung 26,268 dan koefisien determinasi sebesar 0,471. Implikasi dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan variabel pemanfaatan perpustakaan, gaya belajar dan kemandirian belajar. Oleh karena itu, dari hasil penelitian ini diharapkan dilakukan penelitian selanjutnya untuk meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa. Kata kunci : pemanfaatan perpustakaan, gaya belajar, kemandirian belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23792

Actions (login required)

View Item View Item