PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BATIK TULIS DI KELAS XI SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN

Hasanah, Raodatul (2015) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BATIK TULIS DI KELAS XI SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN. S1 thesis, Prodi. Pendidikan Seni Kerajinan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RAODATUL HASANAH - 11207244024 .pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran keterampilan batik tulis untuk tunarungu kelas XI di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Subjek penelitian ini adalah anak tunarungu kelas XI yang berjumlah dua orang yaitu Siti dan Rudi. Setting penelitian ini mengambil tempat di SLB-B Wiyata Dharma 1 Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu mengambarkan tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran keterampilan batik tulis pada anak tunarungu di kelas XI SLB Wiyata Dharma 1 Sleman. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: 1) wawancara, 2) observasi, 3) dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahaan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, dan ketekunan pengamatan. Instrumen pengumpulan data mengunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa; (1) perencanaan pembelajaran memulainya dengan proses penyusunan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode ceramah, demostrasi, dan unjuk kerja. Pada pengembangan motif batik guru membebaskan peserta didik untuk mengembangkan daya kreativitasnya dalam membuat motif desain batik, sehingga desain motif yang dihasilkan memunculkan karakteristik dari peserta didik itu sendiri, (3) evaluasi yang dilakukan oleh guru pada pembelajaran keterampilan batik tulis yaitu penilian pada ranah afektif dan psikomotorik. Pada ranah afektif yaitu guru melakukan penilaian dengan cara mengamati peserta didik selama kegiatan pembelajaran berlangsung sesuai dengan indikator yang sudah ditetapkan. Pada ranah psikomotorik yaitu guru melakukan evaluasi dengan cara menilai hasil karya peserta didik, dari hasil mendesain motif dan hasil karya batik tulis. Berdasarkan hasil evalusi yang dilakukan oleh guru menunjukan bahwa pembelajaran keterampilan batik tulis sudah memenuhi KKM dengan presentase nilai Rudi 86, dan Siti 85.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Batik Tulis, Tunarungu
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa > Pendidikan Kriya
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23786

Actions (login required)

View Item View Item