PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SINGODUTAN, TANDON, PARE, SELOGIRI, WONOGIRI.

Kurniawan, Aris (2015) PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SINGODUTAN, TANDON, PARE, SELOGIRI, WONOGIRI. S1 thesis, Prodi. Pendidikan Seni Kerajinan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran seni budaya dan keterampilan khususnya pada keterampilan batik jumputan. Meliputi persiapan pembelajaran, proses pembelajaran batik jumputan, evaluasi karya yang dihasilkan dari pembelajaran batik jumputan, dan penilaian pembelajaran batik jumputan kelas V di Sekolah Dasar Negeri Singodutan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, dengan bantuan instrumen lain berupa pedoman wawancara, observasi, alat tulis, dan kamera foto. Adapun analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah membuat penyajian data, reduksi, dan membuat kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber serta triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Persiapan pembelajaran batik jumputan kelas V Sekolah Dasar Negeri Singodutan. Persiapan yang dilakukan oleh guru dengan merancang RPP dan silabus. Indikator dirancang untuk meningkatkan kreativitas, kemandirian dan bekerja sama. (2) Proses dan pelaksanaan pembelajaran batik jumputan yaitu membuat taplak meja dengan teknik jumputan secara berkelompok. (3) Hasil karya dan evaluasi karya batik jumputan dilakukan pada karya yang dihasilkan. Kelompok 1 sudah mampu mengembangkan motif lingkaran menjadi sebuah pola yang baik. Kelompok 2 sudah menguasai konsep tetapi kurang bisa mengembangkan penataan motif dan polanya. Kelompok 3 mampu menguasai konsep tetapi penerapannya pada karya taplak meja kurang maksimal. Kelompok 4 menguasai konsep dan mampu menerapkannya dengan mengembangkan motif lingkaran dengan baik. Kelompok 5 sudah menguasai konsep dan menerapkan konsep beserta pengembangan motif dan pewarnaan dengan baik. Dari hasil evaluasi terlihat semua kelompok dan peserta didik mampu memenuhi KKM yakni dengan nilai 75.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Seni Budaya, Keterampilan.
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa > Pendidikan Kriya
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 24 Jul 2015 06:44
Last Modified: 30 Jan 2019 01:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23785

Actions (login required)

View Item View Item