PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN LATIHAN KOORDINASI DENGAN MUNGGUNAKAN BOLA DAN MENGGUNAKAN TANGGA KOORDINASI (COORDINATION LADDER) TERHADAP KOORDINASI MATA DAN KAKI SISWA SSB BATURETNO KELOMPOK USIA 12 TAHUN

Tony Sudarsono (2015) PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN LATIHAN KOORDINASI DENGAN MUNGGUNAKAN BOLA DAN MENGGUNAKAN TANGGA KOORDINASI (COORDINATION LADDER) TERHADAP KOORDINASI MATA DAN KAKI SISWA SSB BATURETNO KELOMPOK USIA 12 TAHUN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Tony.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan latihan koordinasi dengan menggunakan bola dan coordination ladder terhadap tingkat koordinasi mata dan kaki siswa SSB Baturetno usia 12 tahun. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain “two groups pre-test-post-test design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SSB Baturetno usia 12 tahun yang berjumlah 30 siswa. Teknik sampling menggunakan purposive sampling, dengan kreteria yaitu: (1) kelompok usia 12 tahun, (2) bersedia mengikuti latihan dan treatment sebanyak 16 kali pertemuan, (3) terdaftar sebagai siswa SSB Baturetno yang masih aktif latihan. Berdasarkan kreteria tersebut yang memenuhi 22 siswa. Instrumen menggunakan instrument tes koordinasi mata dan kaki Soccer Wall Volley Test dari Mitchell Soccer Test. Analisis data menggunakan uji t. Hasil analisis menunjukan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan latihan koordinasi menggunakan bola terhadap peningkatan koordinasi mata-kaki siswa SSB Baturetno usia 12 tahun, dengan t hitung 5,244 > t tabel 2,23 dan sig 0,000 < 0,05, dengan peningkatan persentase 19,19%. (2) Ada pengaruh yang signifikan latihan koordinasi menggunakan coordination ladder terhadap peningkatan koordinasi matakaki siswa SSB Baturetno usia 12 tahun, dengan t hitung 4,667 > t tabel 2,23 dan sig 0,001 < 0,05, dengan peningkatan persentase 12,7%. (3) Latihan koordinasi dengan bola lebih efektif dibandingkan dengan latihan koordinasi dengan coordination ladder terhadap koordinasi mata-kaki siswa SSB Baturetno usia 12 tahun, dengan selisih rata-rata 1,18%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: koordinasi dengan bola, coordination ladder, koordinasi mata-kaki
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:52
Last Modified: 29 Jul 2015 07:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23781

Actions (login required)

View Item View Item