“PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH MATA KULIAH PERMAINAN SEPAKBOLA UNTUK MAHASISWA PJKR FIK UNY”

Ibnu Diki Pratama (2015) “PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH MATA KULIAH PERMAINAN SEPAKBOLA UNTUK MAHASISWA PJKR FIK UNY”. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
2. Skripsi File.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan sumber belajar yang beragam dapat menjadi alternatif belajar bagi mahasiswa, sehingga tidak hanya mengandalkan sumber belajar dari buku dan dosen saja. Penelitian ini bertujuan untuk membuat multimedia pembelajaran berbasis adobe flash mata kuliah permainan sepakbola untuk mahasiswa PJKR FIK UNY. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan melalui tahap pendahuluan, pengembangan desain pembelajaran, produksi, dan evaluasi produk. Setelah tahap produksi, kemudian tahap validasi produk awal oleh ahli media dan ahli materi. Tahap ketiga yaitu uji coba satu lawan satu pada mahasiswa PJKR. Data diperoleh melalui kuisioner tentang kualitas produk multimedia pembelajaran tentang aspek tampilan, isi/materi, pembelajaran, dan data kualitatif saran dan masukkan dijadikan bahan perbaikan. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif skala 5. Penelitian ini menghasilkan produk multimedia pembelajaran berbasis adobe flash mata kuliah permainan sepakbola yang dapat digunakan oleh mahasiswa sebagai materi pendamping pada mata kuliah permainan sepakbola. Adapun validasi ahli materi dan ahli media “sangat baik”, sedangkan penilaian pada uji coba satu lawan satu diperoleh: aspek tampilan skor 3.91 (baik), aspek isi skor 4.21 (sangat baik), aspek pembelajaran skor 4.22 (sangat baik). Rerata keseluruhan pada uji coba satu lawan satu adalah 4.11 termasuk kriteria “baik”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Pembelajaran, sepakbola, adobe flash, mahasiswa.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:51
Last Modified: 11 Mar 2019 02:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23780

Actions (login required)

View Item View Item