HUBUNGAN TEKNIK SERVIS FLOAT TANGAN ATAS, GERAKAN BOLA, TINGGI BOLA DI ATAS NET, DENGAN KETEPATAN HASIL SERVIS PADA ATLET BOLA VOLI SENIOR DI PERKUMPULAN YUSO SLEMAN

Varantxa Yuspinda EJ (2015) HUBUNGAN TEKNIK SERVIS FLOAT TANGAN ATAS, GERAKAN BOLA, TINGGI BOLA DI ATAS NET, DENGAN KETEPATAN HASIL SERVIS PADA ATLET BOLA VOLI SENIOR DI PERKUMPULAN YUSO SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIX PDF.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Teknik servis float tangan atas yang baik, gerakan bola saat melaju, dan tinggi lambungan bola di atas net terhadap ketepatan hasil servis. Selain itu juga untuk mengetahui seberapa besar sumbangan hubungan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode survey, teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet bola voli di perkumpulan Yuso Sleman yang berjumlah 50 orang. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposif sampling. Sampel yang terpilih berjumlah 20 orang berdasarkan keaktifan latihan, dan telah mengikuti kejuaraan bola voli antar klub. Penilaian bentuk teknik servis, gerak laju bola, dan tinggi bola di atas net dilakukan oleh juri yang dipilih berdasarkan ketentuan khusus. Penilaian ketepatan hasil servis menggunakan tes AAHPER. Penghitungan data penilaian menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara bentuk teknik servis float tangan atas dengan ketepatan yaitu 0,924. Ada hubungan signifikan antara gerak laju bola terhadap ketepatan hasil servis yaitu 0,763. Ada hubungan signifikan antara tinggi bola di atas net terhadap ketepatan hasil servis yaitu 0,893. Bentuk teknik servis float tangan atas, gerak laju bola, dan tinggi bola di atas net secara bersama-sama mempunyai hubungan yang signifikan terhadap ketepatan hasil servis yaitu sebesar 0,968.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: teknik servis float, gerak bola,tinggi bola, ketepatan servis.yuso sleman.
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:52
Last Modified: 30 Jan 2019 01:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23778

Actions (login required)

View Item View Item