Penerapan Metode Active Learning Menggunakan Media Gambar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Pleret Bantul Tahun Ajaran 2014/2015

Widiastuti, Nugraheni (2015) Penerapan Metode Active Learning Menggunakan Media Gambar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Pleret Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI 11413241028.swf - Accepted Version

Download (23MB)

Abstract

Siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Pleret kurang memiliki minat belajar pada Mata Pelajaran Sosiologi. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang bermain HP dan suasana kelas yang kurang kondusif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan metode active learning menggunakan media gambar untuk meningkatkan minat belajar sosiologi siswa kelas XI IPS 3 SMA N 1 Pleret Bantul tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA N 1 Pleret tahun ajaran 2014/2015 sejumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik observasi, angket, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Kesimpulan yang diperoleh ialah pada siklus I minat belajar siswa dengan metode active learning menggunakan media gambar sudah melebihi target keberhasilan tindakan. Hal ini dibuktikan pada persentase lembar observasi siklus I sebesar 78,78% atau masuk kategori baik dan hasil angket minat siswa pada siklus I sebesar 87 % atau masuk kategori sangat baik. Meskipun penelitian pada siklus I sudah melebihi target keberhasilan tindakan namun masih terdapat beberapa kendala yang ingin peneliti atasi sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus II. Hasil dari siklus II menunjukkan adanya peningkatan sebesar 4,01% pada lembar observasi sehingga hasilnya menjadi 81,94% atau masuk kategori baik. Sedangkan hasil angket minat siswa menunjukkan adanya peningkatan sebesar 5,75% sehingga hasilnya menjadi 92% atau masuk kategori sangat baik. Kata Kunci; Minat Belajar, Metode Active Learning, Media Gambar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 24 Jul 2015 03:42
Last Modified: 30 Jan 2019 01:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23773

Actions (login required)

View Item View Item