PENYELESAIAN KREDIT MACET DENGAN “JAMINAN SURAT KEPUTUSAN PEGAWAI NEGERI SIPIL” DI PERUSAHAAN DAERAH BANK PERKREDITAN RAKYAT BANK DAERAH KABUPATEN MADIUN

Rahma, Nur Kartika Sari (2012) PENYELESAIAN KREDIT MACET DENGAN “JAMINAN SURAT KEPUTUSAN PEGAWAI NEGERI SIPIL” DI PERUSAHAAN DAERAH BANK PERKREDITAN RAKYAT BANK DAERAH KABUPATEN MADIUN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Skripsi Rahma NKS - PKnH.pdf

Download (647kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan PD. BPR Bank Daerah Kabupaten Madiun memberikan kredit dengan jaminan Surat Keputusan Pegawai Negeri Sipil, mengetahui faktor-faktor penyebab permasalahan kredit macet dalam perjanjian kredit dengan jaminan Surat Keputusan Pegawai Negeri Sipil yang terjadi di PD. BPR Bank Daerah kabupaten Madiun sekaligus penyelesain kredit macet dari beberapa faktor penyebabnya tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik sampel bertujuan (purposive sampling) yang meliputi Account Officer, nasabah, bendahara gaji, dan jaksa muda bagian Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejaksaan Negeri Madiun. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara dan dokumentasi yang keabsahannya dengan cross check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alasan PD. BPR Bank Daerah Kabupaten Madiun memberikan kredit dengan penyertaan Surat Keputusan Pegawai Negeri Sipil yaitu Surat Keputusan merupakan surat yang berharga bagi Pegawai Negeri Sipil dan jaminan kepercayaan bank berdasarkan The 5C’s of Credit Analysis. Penyebab kredit macet tersebut antara lain kurangnya kehatihatian Account Officer dan nasabah yang menyalahi prosedur. Dalam penyelesaian kredit macet dalam perjanjian kredit dengan jaminan Surat Keputusan pegawai Negeri Sipil ada beberapa langkah yang ditempuh oleh PD. BPR Bank Daerah Kabupaten Madiun. Pertama langkah persuasive, langkah ini dilakukan dengan cara pendekatan terhadap nasabah melalui teguran lisan maupun tertulis dan selanjutnya upaya rescheduling dan reconditioning. Kedua yaitu mediasi, dalam hal ini PD. BPR Bank Daerah Kabupaten Madiun bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri Madiun untuk meminta bantuan hukum melalui jalur non litigasi untuk dapat menyelesaikan permasalah kredit macet. Jika pada akhirnya kedua jalan tersebut sudah terlaksana namun nasabah belum membayar tagihannya Clean Up/penghapusbukuan adalah upaya terakhir bank dalam menyelamatkan kesehatan bank.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Numismatik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 30 Jul 2015 00:12
Last Modified: 30 Jan 2019 01:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23766

Actions (login required)

View Item View Item