Sukirno, Rudy (2015) Peran Guru Dalam Mewujudkan PPKn Sebagai Pendidikan Demokrasi di SMA Negeri 2 Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
Other (FIS Digital)
Skripsi Rudy Sukirno (11401241013).swf - Accepted Version Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peran guru PPKn dalam mewujudkan PPKn sebagai Pendidikan Demokrasi dalam pembelajarannya, (2) Kendala yang dihadapi guru dalam menciptakan suasana pendidikan yang demokratis di kelas dalam pembelajaran PPKn, dan (3) Upaya guru untuk mengatasi kendala dalam menciptakan suasana pendidikan yang demokratis di kelas dalam pembelajaran PPKn. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian ditentukan dengan purposive. Subjek penelitian adalah Guru PPKn SMA Negeri 2 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian diperiksa keabsahannya melalui triangulasi jenis teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran guru dalam mewujudkan PPKn sebagai Pendidikan Demokrasi di SMA Negeri 2 Yogyakarta dapat dilihat dari: a) sikap dan perilaku guru yang mencerminkan nilai-nilai demokrasi, b) penciptakaan iklim kelas yang terbuka dan longgar dan c) pemilihan model dan metode yang mendukung pembelajaran demokrasi. (2) Kendala yang dihadapi guru PPKn SMA Negeri 2 Yogyakarta dikelompokkan menjadi kendala intern, seperti: kurangnya ketertarikan peserta didik terhadap politik, kurangnya pemahaman mengenai Pancasila, dan peserta didik kurang up date mengikuti berita. Sedangkan kendala ekstern seperti: akses informasi yang sulit dan waktu pembelajaran yang terbatas. (3) Untuk mengatasi kendala intern, guru PPKn SMA Negeri 2 Yogyakarta melakukan hal-hal seperti: guru menarik perhatian peserta didik terkait politik dengan memberikan gambar-gambar mengenai kegiatan-kegiatan politik yang baik, guru memberikan pemahaman mengenai Pancasila dan memberi tugas kepada peserta didik untuk mengikuti berita yang terjadi agar tidak ketinggalan informasi. Sedangkan untuk mengatasi kendala ekstern, guru memanfaatkan sumber belajar yang ada dan memaksimalkan keterbatasan waktu pembelajaran dengan mengefektifkan proses pembelajaran. Kata kunci : Peran Guru, Pendidikan Demokrasi, PPKn
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Hukum Ilmu Sosial > Hukum > Hukum (Umum) Ilmu Sosial > Hukum > Kewarganegaraan Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum |
Depositing User: | Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS |
Date Deposited: | 24 Jul 2015 03:22 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:17 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23765 |
Actions (login required)
View Item |