Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 6 Yogyakarta

Handayani, Sri (2015) Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 6 Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI 11401241012.swf - Accepted Version

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 6 Yogyakarta, yang meliputi: (1) kualitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran; (2) variasi metode dan media pembelajaran; (3) kesesuaian teknik penilaian Pendidikan Kewarganegaraan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2014 sampai Mei 2015. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive, subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Kewarganegaraan SMP Negeri 6 Yogyakarta yang terdiri dari 2 (dua) orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi metode dengan membandingkan data dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Langkah-langkah teknik analisis data dalam penelitian ini adalah, reduksi data, data display, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Secara realistis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang berdimensi pendidikan karakter di SMP Negeri 6 Yogyakarta sudah cukup baik karena sudah memasukkan nilai-nilai karakter berupa patuh pada aturan sosial, tanggung jawab, jujur, kerja keras, dan cinta tanah air; (2) Metode yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang berdimensi pendidikan karakter di SMP Negeri 6 Yogyakarta adalah ceramah bervariasi, diskusi, telaah buku, dan penugasan. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang berdimensi pendidikan karakter tersebut membentuk karakter siswa seperti karakter percaya diri, tanggung jawab, kerja sama, kreatif, jujur, gemar membaca, dan kritis dalam diri siswa. Media yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang berdimensi pendidikan karakter adalah power point; (3) Teknik penilaian Pendidikan Kewarganegaraan yang berdimensi pendidikan karakter di SMP Negeri 6 Yogyakarta adalah teknik observasi, laporan guru BK, dan penilaian teman sejawat antar siswa. Kata Kunci: Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Karakter, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Media, Metode, Teknik Penilaian.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Hukum > Hukum (Umum)
Ilmu Sosial > Hukum > Kewarganegaraan
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 24 Jul 2015 03:06
Last Modified: 30 Jan 2019 01:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23759

Actions (login required)

View Item View Item