Pelaksanaan Asas-asas Umum Pemerintahan yang Baik pada Pelayanan Publik di Desa Losarang Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu

Risladiba, . (2015) Pelaksanaan Asas-asas Umum Pemerintahan yang Baik pada Pelayanan Publik di Desa Losarang Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI 11401244011.swf - Accepted Version

Download (96MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pelaksanaan asas-asas umum pemerintahan yang baik pada pelayanan publik di Desa Losarang, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu, 2) kendala-kendala yang dihadapi oleh Aparat Desa Losarang dalam melaksanakan asas-asas umum pemerintahan yang baik pada pelayanan publik, 3) upaya-upaya yang dilakukan oleh Aparat Desa Losarang untuk mengatasi kendala-kendala tersebut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian dilakukan secara purposive dan diperoleh delapan subjek penelitian, yaitu Juru Tulis, Kliwon, dan Lebe Desa Losarang serta lima masyarakat Desa Losarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis induktif melalui langkah-langkah reduksi data, kategorisasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa: Pertama, pelaksanaan asas-asas umum pemerintahan yang baik pada pelayanan publik di Desa Losarang belum terlaksana dengan baik, terbukti dengan belum terlaksananya asas kepastian hukum, keterbukaan, pelayanan yang baik, partisipatif, dan fasilitas dan perlakuan khusus bagi kelompok rentan. Kedua, kendala-kendala yang dihadapi oleh Aparat Desa Losarang dalam melaksanakan asas-asas umum pemerintahan yang baik pada pelayanan publik adalah tidak adanya maklumat pelayanan atau peraturan desa yang mengatur tentang pelayanan, kurangnya ketersediaan sarana komputer, Aparat Desa Losarang kurang disiplin, masyarakat kurang memahami syarat, prosedur, dan biaya pelayanan, masyarakat kurang berperan aktif dalam penyelenggaraan pelayanan, dan terbatasnya dana. Ketiga, upaya untuk mengatasi kendala-kendala tersebut adalah Kepala Desa Losarang berkoordinasi dengan Badan Permusyawaratan Desa Losarang, Aparat Desa Losarang menggunakan laptop pribadi untuk keperluan pelayanan, menerapkan sanksi berupa denda bagi yang terlambat, akan memasang informasi di papan pengumuman dan sosialisasi kepada ketua RT, memberikan kesempatan kepada ketua RT untuk menyampaikan aspirasi terhadap pelaksanaan pelayanan publik, dan memberikan pelayanan yang dapat memudahkan kelompok rentan. Kata kunci: Pelaksanaan, Asas-asas Umum Pemerintahan yang Baik, Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Hukum > Hukum (Umum)
Ilmu Sosial > Hukum > Kewarganegaraan
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 24 Jul 2015 03:02
Last Modified: 30 Jan 2019 01:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23758

Actions (login required)

View Item View Item