Efektivitas Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar dalam pembelajaran mata pelajaran PPKn kelas VII di SMP Negeri 3 Jetis Bantul

Hidayat, Arif Faturrahman (2015) Efektivitas Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar dalam pembelajaran mata pelajaran PPKn kelas VII di SMP Negeri 3 Jetis Bantul. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI 10401244004.swf - Accepted Version

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap motivasi dan prestasi belajar mata pelajaran PPKn di SMP 3 Jetis Kabupaten Bantul. Populasi dalam penelitian adalah kelas VII di SMP Negeri 3 Jetis Bantul, Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII D SMP Negeri 3 Jetis Bantul sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket), tes dan lembar observasi nilai karakter siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistik inferensial. Sedangkan pendekatan statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t (t-test) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini adalah (1) Ada perbedaan motivasi belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode konvensional (ceramah), hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t = 6,417 dengan tingkat signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 atau dengan kata lain 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak. (2) Ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode konvensional (ceramah), hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t = 7,122 dengan tingkat signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 atau dengan kata lain 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Kata Kunci: Efektivitas, CTL, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Hukum > Hukum (Umum)
Ilmu Sosial > Hukum > Kewarganegaraan
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 24 Jul 2015 02:56
Last Modified: 30 Jan 2019 01:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23756

Actions (login required)

View Item View Item