KESULITAN-KESULITAN GURU SEJARAH DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENERAPKAN PENILAIAN PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA ISLAM I GAMPING

Anggara, Tio (2015) KESULITAN-KESULITAN GURU SEJARAH DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENERAPKAN PENILAIAN PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA ISLAM I GAMPING. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI 11406244015.swf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kesulitan guru dalam mengembangkan dan menerapkan penilaian pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. 1) Kesulitan-kesulitan apa yang dialami oleh guru dalam mengembangkan dan menerapkan penilaian pembelajaran sejarah di SMA Islam I Gamping, 2) Bagaimana cara mengatasi kesulitan–kesulitan guru dalam mengembangkan dan menerapkan penilaian pembelajaran sejarah di SMA Islam I Gamping. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dalam penelitian ini akan digali hal-hal yang berkaitan dengan penilaian pembelajaran sejarah. Responden dalam penelitian ini adalah semua pihak yang terlibat dalam pembelajaran sejarah, seperti kepala sekolah dan guru mata pelajaran sejarah. Adapun pengambilan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi langsung, wawancara mendalam dengan narasumber, serta pencatatan dokumen atau teks yang mendukung penelitian. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. 1) Guru masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan dan menerapkan penilaian pembelajaran sejarah baik dipengaruhi faktor internal maupun eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi; kesulitan dalam mengembangkan RPP, kesulitan dalam mengembangkan instrumen penilaian, kesulitan dalam menyampaikan materi, keterbatasan alokasi waktu dalam melakukan penilaian, kesulitan dalam menggabungkan ketiga aspek penilaian. Sementara faktor eksternal yang mempengaruhi; manajemen sekolah, kurangnya pengarahan dari pihak sekolah, terjadi perubahan kurikulum. Sementara, 2) Upaya yang dilakuakn untuk mengatasi kesulitan tersebut; upaya yang dilakukan pihak sekolah; melakukan pelatihan, mengirim guru ke MGMP, mengharuskan guru mengembangkan RPP, kepala sekolah mengadakan supervisi, menyarankan guru mengikuti seminar dan pelatihan. Sementara upaya yang dilakukan oleh guru; melakukan tukar informasi dengan sesama guru di MGMP, melakukan penilaian dan pembelajaran dengan efektif, memperbaiki kualitas pembelajaran, guru mulai melakukan penilaian secara menyeluruh. Kata kunci: kendala, guru, penilaian pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 24 Jul 2015 02:49
Last Modified: 30 Jan 2019 01:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23753

Actions (login required)

View Item View Item