UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR LOMPAT TINGGI DENGAN ALAT BANTU KARDUS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TEMPURSARI CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG

Marni (2012) UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR LOMPAT TINGGI DENGAN ALAT BANTU KARDUS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TEMPURSARI CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, FIK.

[img] Text
ABSTRAK 20.doc

Download (34kB)
Official URL: http://www.pjkr_uny.com

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran gerak dasar lompat tinggi dengan alat bantu kardus pada siswa kelas V SD Negeri Tempursari Candimulyo Kabupaten Magelang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung satu siklus yang terdiri dari dua pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Tempursari Candimulyo Kabupaten Magelang yang berjumlah 23 siswa. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes unjuk kerja. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih antusias, aktif, tidak malas, dan merasa senang. Sedangkan nilai kuantitatif dapat dilihat dari hasil tes unjuk kerja gerak dasar lompat tinggi, nilai rerata siswa siklus I pertemuan pertama 76,15 dan siswa yang mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 85,5% dari ketentuan sekolah yaitu 70. Pada siklus I pertemuan kedua meningkat menjadi 80,71 dan siswa yang mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 95,65%. Hasil ini sangat meningkat dibandingkan dengan hasil tes unjuk kerja pembelajaran sebelumnya, yang dapat dilihat dari hasil tes unjuk kerja gerak dasar lompat tinggi nilai reratanya 74,78 dan siswa yang mencapai KKM hanya 52% tuntas dari ketentuan KKM sekolah yaitu 70. Kata Kunci : Pembelajaran Gerak Dasar Lompat Tinggi, Alat Bantu, Kardus Jumlah Halaman : 110

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:32
Last Modified: 29 Jan 2019 14:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2375

Actions (login required)

View Item View Item