AN INTEGRATED MULTI-LIFE CHARACTER MODEL DALAM ARISTOCHRATIC ETHNOMULTICULTURAL SOCIETY PADA PROSESI SUGENGAN KHAUL DALEM Ng. DSDISKS HAMENGKUBUWONO KAPING VII DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Trie Hartiti, Retnowati and Suharti, Suharti and Rahmi D. Andayani, M. Pd. (2013) AN INTEGRATED MULTI-LIFE CHARACTER MODEL DALAM ARISTOCHRATIC ETHNOMULTICULTURAL SOCIETY PADA PROSESI SUGENGAN KHAUL DALEM Ng. DSDISKS HAMENGKUBUWONO KAPING VII DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Artikel Penelitian Stranas.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL PENELITIAN SN.pdf

Download (387kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diilhami oleh hasil penelitian yang berupa Jargon Kekerabatan Para Pungggowo dan Para Bangsawan di Kraton Ngayogyokarto. Setelah itu peneliti melanjutkan pengembaraanya dalam penelitian tentang penyematan gelar kebangsawanan bagi seluruh kerabat dan abdi dalem di Kraton. Peneliti lalu melanjutkan kompetisi di penelitian hibah bersaing yang hasilnya terkait dengan metode dan implementasi bilingualitas di lingkup pendidikan. Selanjutnya, peneliti ikut berkompetisi di prioritas nasional dan menciptakan metode bilingual partial immersion program pada bidang sosial dan bahasa. Pada tahun berikutnya peneliti mengupas penelitian strategi nasional yang mampu memproduksi dua buku pegangan bagi kelas sosial dan bahasa dengan metode bilingual partial immersion program. Untuk memperkuat itu semua peneliti juga mengacu kepada penelitian yang memproduksi buku berjudul “Pendidikan Seni” oleh Prof. Dr. Trie Hartiti pada tahun 2003 yang mengacu pada seni dan pengaruh unsur budaya. Penelusuran penelitian dari hari ke hari, dari bulan ke bulan, dan tahun ke tahun, menjadi dasar pijak bagi peneliti untuk memohon terwujudnya penelitian stranas yang berjudul “AN INTEGRATED MULTI-LIFE CHARACTER MODEL DALAM ARISTOCHRATIC ETHNOMULTICULTURAL SOCIETY PADA PROSESI SUGENGAN KHAUL DALEM Ng. DSDISKS HAMENGKUBUWONO KAPING VII DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA” agar budaya lokal sebagai asset nasional tidak terkikis. Teori yang dijadikan rancang bangun yang dijadikan landasan dalam penelitian ini adalah teori multi-life character building, dan peran pendidikan dan penelitian terhadap Pembangunan Karakter Bangsa. Untuk mengenalisis data menggunakan rancang bangun ethnomulticultural (Saville-Troike,1986) dan sociolinguistics (Fisherman, Chaika, et. al.). Selanjutnya setting didasarkan pada dasar pijak teori Profile yang termasuk dalam Sarasilah Ng. DSDISKS HB VII. Analisis pembuatan buku dengan model R and D. Metode yang akan digunakan adalah rancangan Descriptive Qualitative dan Quantitative dengan model analisis enthomulticultural. Data berupa ujaran lisan dan bahasa tertulis, sedangkan sumber data adalah seluruh kerabat Khaul Dalem, abdi dalem (kekancingan), dan masyarakat sekitar. Alat pengumpul data berupa video, tape recorder, buku panduan, pengumpul data dan catatan-catatan lapangan, sedangkan instrumen penelitian berupa human instrument (key instrument) yang dilengkapi dengan kuesioner tentang implementasi metode multi-life character model. Teknik pengumpulan data akan dilakukan dengan cara (a) observasi, (b) wawancara, (c) penyebaran kuesioner. Peneliti akan memperoleh data dengan cara participant observation. Analisis data akan dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan purposive sampling. Sedangkan uji validitas akan dilakukan dengan cara (1) triangulasi dari pakar character building, ethnomulticultural, sosiolinguistik (2) rancang bangun teori pada pakar, (3) implementasi “multi-life character model” dan (4) pencocokan hasil analisis terdahulu. Objek penelitian tentang implementasi multi-life character model adalah: para kerabat HB VII, abdi dalem, para kekancingan, dan masyarakat sekitar.

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN TAHUNAN STRATEGIS NASIONAL TAHUN I 2013
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 24 Jul 2015 01:25
Last Modified: 24 Jul 2015 01:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23744

Actions (login required)

View Item View Item