PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN GULING BELAKANG MELALUI METODE BERMAIN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI JATI III SAWANGAN MAGELANG TAHUN 2011/2012

SRI KUNDARYANI (2012) PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN GULING BELAKANG MELALUI METODE BERMAIN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI JATI III SAWANGAN MAGELANG TAHUN 2011/2012. S1 thesis, .

[img] Text
ABSTRAK 19.doc

Download (43kB)
Official URL: http://www.pjkr_uny.com

Abstract

ABSTRAK Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanpembelajarangulingbelakangmelaluipendekatanb ermainpadasiswakelas IV SD NegeriJati III SawanganMagelang. Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas yang terdiridariduasiklus.Subyekpenelitianadalahsiswakelas IV SD NegeriJati III TahunAjaran 2011/2012 yang berjumlah 18 siswa.Adapunmetodepengumpulan data yang digunakandalampenelitianiniadalahmenggunakanobservasi, angket, danteshasilbelajargulingbelakang.Teknikanalisis data menggunakananalisiskuantitatifdankualitatif. Dengan penelitian yang dilakukan dengan 2 siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2,satu siklus terdiri dari 2 pertemuan.Pada awal siklus 1 rata-rata nilai 71,60 setelah tindakan pembelajaran pada siklus 1 ada peningkatan dengan rata-rata nilai 75,30. Dari 18 siswa yang tuntas dari KKM standar yang ditentukansekolahyaitu 75 adalah10 siswa maka dilanjutkan dengan siklus 2. Dari hasil akhir siklus 2 diperoleh rata-rata nilai 81,79. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapendekatanbermaindapatmeningkatkanpembelajaranguli ngbelakangpadasiswakelas IV SD NegeriJati III.Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis yang telah dilakukan oleh kolabolator dan peneliti diperoleh kesimpulan bahwa proses pembelajarangulingbelakangmelaluipendekatanbermainterjadipeningkatansebesar 56,60% padapembelajaransenamlantaiuntukkelas IV SD Negerijati III. Kata Kunci :gulingbelakang, bermain, siswakelas IV SD,

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:32
Last Modified: 29 Jan 2019 14:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2374

Actions (login required)

View Item View Item