PERANAN GURU PKN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH IMOGIRI BANTUL YOGYAKARATA

Darmawan, Arfian (2015) PERANAN GURU PKN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH IMOGIRI BANTUL YOGYAKARATA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI 11401244008.swf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui: 1) peranan guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam pembentukan karakter disiplin peserta didik di SMA Muhammadiyah Imogiri Kabupaten Bantul; 2) apa saja hambatan yang dihadapi guru PKn dalam membentuk karakter disiplin peserta didik di SMA Muhammadiyah Imogiri Kabupaten Bantul; dan 3) upaya yang dilakukan guru Pendidikan Kewarganegaraan untuk mengatasi hambatan dalam membentuk karakter disiplin di SMA Muhammadiyah Imogiri Kabupaten Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret-Mei 2015 dengan subjek penelitiannya adalah guru PKn, kepala sekolah, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif yang mencakup reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, peranan guru PKn di SMA Muhammadiyah Imogiri dalam membentuk karakter disiplin peserta didik, meliputi: pertama, memberikan koreksi, kedua menjadi motivator dengan memberikan motivasi, ketiga memberikan dan menjadi inspirasi, dengan memberikan keteladanan yang baik bagi peserta didiknya, keempat memberikan fasilitas dengan memberikan rasa nyaman, kelima membimbing peserta didik melalui media sosial dan secara langsung; Kedua, kendala-kendala yang dihadapi guru PKn dalam membentuk karakter disiplin ada dua faktor, faktor peserta didik dan faktor guru. Faktor peserta didik, yang sebagian besar sulit diatur. Hal ini karena kurang kasih sayang orang tua. Kendala lainnya, kendala dari guru yaitu adalah keterbatasan waktu membuat kesempatan untuk berinteraksi dengan peserta didik kurang berjalan dengan maksimal. Ketiga upaya untuk mengatasi yang disebabkan karena faktor peserta didik dengan pemberian motivasi, penegakan aturan, dan pemberian hukuman/penghargaan. Upaya mengatasi kendala yang disebabkan dari faktor guru, pertama, memanfaatkan waktu yang minim untuk bisa memberikan arahan dan keteladanan kepada peserta didik, kedua, memberikan latihan kepada guru khususnya guru PKn untuk mengembangkan media seperti power point, dan ketiga, melibatkan seluruh warga sekolah dalam menyukseskan pendidikan karakter. Kata kunci: Peranan Guru PKn, Karakter Disiplin, Peserta Didik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 23 Jul 2015 05:23
Last Modified: 30 Jan 2019 01:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23732

Actions (login required)

View Item View Item