EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BAMBOO DANCING DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn SISWA SMP N 5 SLEMAN YOGYAKARTA

Purwati, Ari (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BAMBOO DANCING DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn SISWA SMP N 5 SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 11401241002.swf - Accepted Version

Download (8MB)
[img] Text (FIS Digital)
Skripsi Full 11401241002.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif teknik Bamboo Dancing dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VII SMP N 5 Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas VII di SMP N 5 Sleman yang berjumlah 128 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan cara pengundian. Dari hasil undian diperoleh 64 siswa yaitu kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan metode diskusi yang berjumlah 32 siswa dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif teknik Bamboo Dancing yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar. Uji validasi instrumen dengan menggunakan validitas isi dan Iteman. Setelah dilakukan analisis butir soal dengan Iteman diperoleh 25 butir soal yang valid dari 30 butir soal pilihan ganda. Kemudian, 25 butir soal yang valid digunakan untuk mengukur tes awal (pre test) dan di akhir (post test) pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dan gain score. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif teknik Bamboo Dancing lebih efektif dalam upaya peningkatan hasil belajar PKn siswa SMP N 5 Sleman. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji independent sample t test diperoleh nilai t sebesar 5,078 dengan taraf signifikansi 0,000 atau sig < 0,05. Hal ini didukung dari hasil gain score pada kelas eksperimen yang menunjukkan nilai 0,505 sehingga dikatakan memiliki efektivitas sedang, sedangkan pada kelas kontrol menunjukkan nilai 0,066 sehingga dalam kategori efektivitas rendah. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Bamboo Dancing, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 23 Jul 2015 05:20
Last Modified: 30 Jan 2019 01:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23730

Actions (login required)

View Item View Item