PELAKSANAAN TUGAS LEMBAGA PEMBERDAYAAN PEMBANGUNAN MASYARAKAT DESA DALAM PERENCANAAN, PELAKSANAAN DAN PENGENDALIAN PEMBANGUNAN DESA BANTARPANJANG

Nurhidayati, Meila (2015) PELAKSANAAN TUGAS LEMBAGA PEMBERDAYAAN PEMBANGUNAN MASYARAKAT DESA DALAM PERENCANAAN, PELAKSANAAN DAN PENGENDALIAN PEMBANGUNAN DESA BANTARPANJANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI 11401244009.swf - Accepted Version

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala pelaksanaan tugas Lembaga Pemberdayaan Pembangunan Masyarakat Desa dalam: 1) perencanaan pembangunan, 2) pelaksanaan pembangunan, dan 3) pengendalian pembangunan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditentukan secara purposive. Subjek penelitian ini adalah Ketua LPPMD, seksi pembangunan LPPMD, Kepala Desa serta ketua RW selaku perwakilan masyarakat Desa Bantarpanjang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik cross ceck. Teknik analisis datanya induktif melalui reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kendala LPPMD dalam menjalankan tugas perencanaan pembangunan. a) perencanaan pembangunan melalui Musrenbangdus, LPPMD belum sepenuhnya menampung aspirasi masyarakat desa, LPPMD hanya menyerap hasil aspirasi yang diusulkan oleh masing-masing Kepala Dusun (Kadus), RW dan RT. b) perencanaan pembangunan melalui Musrenbangdes masih adanya campur tangan Kepala Desa dalam membentuk Tim Inti Perumus RPJM Desa, tidak semua anggota LPPMD dilibatkan. Mekanisme pengambilan keputusan melalui Musrenbangdes dilakukan berdasarkan musyawarah yang dikoordinasi oleh LPPMD. 2) kendala LPPMD dalam menjalankan tugas pelaksanaan pembangunan a) SDM LPPMD kurang berperan aktif dalam pelaksanaan pembangunan, belum semua anggota LPPMD terlibat langsung dalam pelaksanaan pembangunan, hanya anggota LPPMD yang sesuai dengan bidangnya yang melaksanakan pembangunan. b) SDM masyarakat Desa Bantarpanjang kurang berpartisipasi dalam kegiatan pelaksanaan pembangunan. 3) Kendala LPPMD dalam menjalankan tugas pengendalian pembangunan. a) ketidakterlibatan semua anggota LPPMD dalam menjalankan tugas pengendalian pembangunan. b) LPPMD kurang berperan aktif dalam mendata setiap permasalahan yang ada di Desa Bantarpanjang Kata kunci: perencanaan, pelaksanaan, pengendalian LPPMD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 23 Jul 2015 04:51
Last Modified: 30 Jan 2019 01:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23723

Actions (login required)

View Item View Item