Windyaningrum, Ika (2015) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI GOLO YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.
|
Text
IKA WINDYANINGRUM_11108241016.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPS menggunakan metode make a match pada siswa kelas VA SD Negeri Golo, Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SD Negeri Golo berjumlah 28 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan skala, observasi dan catatan lapangan.Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode make a match dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas VA SD Negeri Golo, Yogyakarta. Pada indikator „Tekun dalam menghadapi tugas‟ meningkat dari pra tindakan 57% (kurang), pada siklus II menjadi 84% (baik). Pada indikator „Ulet menghadapi kesulitan/tugas‟ meningkat dari pra tindakan 60% (cukup), pada siklus II menjadi 87% (sangat baik). Pada indikator „Menunjukkan minat belajar IPS‟ meningkat dari pra tindakan 55%(kurang), pada siklus II menjadi 83% (baik). Pada indikator „Senang belajar IPS‟ meningkat dari pra tindakan 56% (kurang), pada siklus II menjadi 81% (baik).Pada indikator „Berani berpendapat‟ meningkat dari pra tindakan 55% (kurang), pada siklus II menjadi 77% (baik).Pada indikator „Kerjasama dalam belajar IPS‟ meningkat dari pra tindakan 56% (kurang), pada siklus II menjadi 79% (baik). Kata kunci: motivasi belajar IPS, metode make a match
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 07:50 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:15 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23714 |
Actions (login required)
View Item |