Peningkatan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Internet Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas VII C Di SMP Negeri 9 Yogyakarta

Indrawati, Annis (2015) Peningkatan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Internet Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas VII C Di SMP Negeri 9 Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI 11416244038.swf - Accepted Version

Download (5MB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id

Abstract

Latar belakang dilakukan penelitian ini karena rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas VII C SMP Negeri 9 Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk: mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VII C SMP Negeri 9 Yogyakarta dengan menggunakan internet sebagai sumber belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menerapkan model Kemmis dan Mc.Taggart yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur penelitian sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaandan pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 9 Yogyakarta dengan subjek penelitian berjumlah 34 orang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi (pengamatan), tes. Uji validitas berdasarkan pendapat dari para ahli (judgement expert) dan uji reliabilitas menggunakan rumus split-half. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan internet sebagai sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Peningkatan hasil belajar IPS siswa dapat dilihat dari nilai tes siswa yang mencapai nilai KKM. Peningkatan yang terjadi yaitu: pada siklus I dengan nilai rata-rata 6,15 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 76,6%. Pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata 8,48 dengan persentase ketuntasan sebesar 86,3%, adanya kenaikan dari siklus I ke siklus II yaitu 9,7%. Hal ini berarti bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai KKM telah mencapai kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Internet sebagai Sumber Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 23 Jul 2015 04:38
Last Modified: 26 Oct 2015 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23712

Actions (login required)

View Item View Item