PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN IDENTITY STYLE SEBAGAI VARIABEL MODERATING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM STUDI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 WONOSOBO TAHUN AJARAN 2014/2015

WULAN SARI, PUPUT (2015) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN IDENTITY STYLE SEBAGAI VARIABEL MODERATING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM STUDI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 WONOSOBO TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
UNDERGRADUATE THESIS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional di kelas X Akuntansi pada mata pelajaran Pengantar Keuangan dan Akuntansi pada materi pokok Payback Period and Net Present Value (NPV) di SMK Negeri 1 Wonosobo; (2) perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki Informational Style, Normatif Style dan Diffuse-Avoidance Style di kelas X Akuntansi pada mata pelajaran Pengantar Keuangan dan Akuntansi pada materi pokok Payback Period and Net Present Value (NPV) di SMK Negeri 1 Wonosobo; (3) efek interaksi dalam menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Identity Style sebagai variabel moderating terhadap hasil belajar di kelas X Akuntansi pada mata pelajaran Pengantar Keuangan dan Akuntansi pada materi pokok Payback Period and Net Present Value (NPV) di SMK Negeri 1 Wonosobo. Penelitian ini adalah Kuasi-Eksperimen dengan desain faktorial 3x2. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X Program Studi Akuntansi SMK Negeri 1 Wonosobo yang berjumlah 3 kelas. Didapatkan kelas X AK I dan X AK III sebagai sampel. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar adalah menggunakan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas; dan uji hipotesis yang menggunakan Two Way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional; (2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki Informational Style, Normatif Style dan Diffuse-Avoidance Style; dan (3) tidak terdapat efek interaksi dalam menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Identity Style sebagai variabel moderating. Kata Kunci: Teams Games Tournament (TGT), Identity Style, Kuasi-Eksperimen, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Umum > Mata Kuliah Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23701

Actions (login required)

View Item View Item