PENGGUNAAN ALAT PERAGA DEKAK-DEKAK DALAM PEMBELAJARAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL TINGKAT LANJUTAN KELOMPOK “ADENIUM” DI SKB KLATEN

Deasy Susanti, Santi (2015) PENGGUNAAN ALAT PERAGA DEKAK-DEKAK DALAM PEMBELAJARAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL TINGKAT LANJUTAN KELOMPOK “ADENIUM” DI SKB KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Deasy Susanti_NIM 07102244010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perencanaan yang dilakukan oleh SKB Klaten dalam pembelajaran berhitung dengan menggunakan alat peraga dekak-dekak. 2) penggunaan alat peraga dekak-dekak dalam pembelajaran berhitung. 3) dampak penggunaan alat peraga dekak-dekak terhadap kemampuan berhitung warga belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek dipilih secara purposive sampling, dimana peneliti cenderung memilih informan yang dianggap mengetahui masalahnya. Subjek penelitian adalah penyelenggara program keaksaran fungsional tingkat lanjut, warga belajar program keaksaraan fungsional keaksaraan tingkat lanjut, tutor pendidikan keaksaraan fungsional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran berhitung yang dilakukan pada program keaksaraan fungsional tingkat lanjut dilakukan beberapa tahap: a) tutor, guna mempersiapkan administrasi pembelajaran, b) warga belajar, yaitu peserta merupakan benar-benar telah mengikuti keaksaraan dasar supaya memiliki mine set yang sama, c) peralatan, dengan membeli peralatan sesuai rasio warga belajar, d) kelas, tempat yang dianggap nyaman untuk belajar. 2) Penggunaan alat peraga dekak-dekak merupakan metode pembelajaran berhitung dengan benar untuk pembelajaran berhitung program KF. Tahapannya adalah, a) tutor membawakan soal cerita, b) tutor menyederhanakan kedalam sebuah langkah kerja, c) warga belajar dibimbing untuk menuangkan tugas kedalam buku dengan penjumlahan konvensional, d) warga belajar dibimbing untuk memfungsikan dekak-dekak. 3) dampak penggunaan media dekak-dekak terhadap kemampuan berhitung warga belajar terbilang cukup signifikan. a) dampak kuantitatif adalah meningkatnya nilai yang diperoleh warga belajar dalam pengisian lembar evaluasi, b) dampak kualitatif adalah peserta didik merasa pembelajaran lebih menyenangkan. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Dekak-dekak, Keaksaraan Fungsional

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23697

Actions (login required)

View Item View Item