UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LEMPAR CAKRAM GAYA MEMUTAR DENGAN MEDIA BAN PADA SISWA KELAS IX B SMP NEGERI 34 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Sutarno (2015) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LEMPAR CAKRAM GAYA MEMUTAR DENGAN MEDIA BAN PADA SISWA KELAS IX B SMP NEGERI 34 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Sutarno.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kemampuan lempar cakram siswa dari cara memegang cakram, teknik awalan melempar cakram, teknik melempar cakram, dan sikap badan setelah melempar cakram masih kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran lempar cakram gaya memutar dengan media ban pada siswa kelas IX B di SMP Negeri 34 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX B di SMP Negeri 34 Purworejo yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes unjuk kerja lempar cakram. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil lempar cakram melalui media ban sepeda motor bekas ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata siswa. Nilai rata-rata siswa pada kondisi awal sebesar 67 dengan persentase ketuntasan sebesar 23,33%. Kondisi tersebut mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu sebesar 68,61 dan persentase ketuntasan sebesar 60%. Namun, peningkatan tersebut masih belum mencapai target yang ditetapkan sebelumnya. Kemudian setelah melanjutkan ke siklus II nilai rata-rata kemampuan lempar cakram siswa kembali mengalami peningkatan sebesar 79,72 dengan persentase ketuntasan sebesar 93,33%. Hal tersebut menunjukkan bahwa target yang telah ditetapkan sebelumnya sudah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus II. Proses pembelajaran lempar cakram melalui media ban sepeda motor bekas berlangsung dinamis dan menyenangkan, serta karakter siswa dari tanggung jawab, percaya diri, kompetitif, dan semangat juga meningkat di setiap pertemuan. Peserta didik aktif melaksanakan tugas dan mengamati gerakan teknik lempar cakram dan saling diskusi dengan teman Kemampuan lempar cakram peserta didik meningkat dengan ditandai dengan peserta didik tuntas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 75.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: lempar cakram, media ban sepeda motor bekas
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:51
Last Modified: 30 Jan 2019 01:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23696

Actions (login required)

View Item View Item