PENERAPAN CHILD CENTERED PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN ANAK (TA) SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) NITIPRAYAN JOGOMEGATAN NGESTIHARJO KASIHAN BANTUL

Deasy Restyningtyas, Deasy (2015) PENERAPAN CHILD CENTERED PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN ANAK (TA) SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) NITIPRAYAN JOGOMEGATAN NGESTIHARJO KASIHAN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Deasy Restyningtyas 09102244025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan child centered yang meliputi proses pelaksanaan, faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran child centered. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan mengambil lokasi penelitian di Sanggar Anak Alam (SALAM). Subjek penelitian ini adalah ketua pendiri, fasilitator dan peserta didik Taman Anak (TA) Sanggar Anak Alam (SALAM). Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data dan kesimpulan. Trianggulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran child centered ini meliputi proses persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Persiapan meliputi mempersiapkan bahan dan alat pembelajaran, membersihkan tempat, menyusun jadwal kegiatan pembelajaran yang selalu berganti setiap minggunya dan mengadakan pertemuan khusus dengan wali murid. Pelaksanaan meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, istirahat dan kegiatan penutup. Evaluasi meliputi penilaian tentang kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan, berupa catatan perkembangan, (2) faktor pendukung pembelajaran child centered adalah antusiasme peserta didik dalam segala kegiatan pembelajaran, kekompakan fasilitator dalam melaksanakan segala kegiatan pembelajaran, terjalin hubungan yang baik antara fasilitator, peserta didik dan orang tua peserta didik Taman Anak (TA), (3) faktor penghambat pembelajaran child centered adalah fasilitator kurang kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran, fasilitator belum bisa menghadapi karakter masing-masing peserta didik, kurangnya sarana dan prasarana yang ada di Taman Anak (TA), tidak teraturnya pembuatan jadwal kegiatan pembelajaran. Kata kunci : Pendidikan Anak Usia Dini, Pembelajaran, Taman Anak (TA)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23692

Actions (login required)

View Item View Item