PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI DENGAN ALAT BANTU KARDUS DAN KARET PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI POLENGAN 1 KECAMATAN SRUMBUNG KABUPATEN MAGELANG

Nunuk Wilestari (2012) PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI DENGAN ALAT BANTU KARDUS DAN KARET PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI POLENGAN 1 KECAMATAN SRUMBUNG KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, FIK.

[img] Text
ABSTRAK 18.docx

Download (11kB)
Official URL: http://www.pjkr_uny.com

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran lompat tinggi siswa kelas 5 di SD Negeri Polengan 1 Srumbung kabupaten Magelang dengan menggunakan alat bantu kardus dan karet. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melibatkan satu variabel, yaitu : meningkatkan hasil pembelajaran lompat tinggi dengan alat bantu kardus dan karet. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas 5 di SD Negeri Polengan 1 Srumbung kabupaten Magelang, yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi bagi guru dan siswa, observasi kemampuan gerak atau psikomotor siswa (awalan, tolakan, melayang, dan pendaratan) dalam pembelajaran lompat tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil pembelajaran siswa mengalami peningkatan dengan menggunakan alat bantu kardus dan karet, baik dari sikap maupun kemampuan gerak siswa. Berdasarkan data hasil observasi kemampuan gerak pada siklus pertama rata-rata nilai siswa adalah 72,03 meningkat menjadi 78,85 pada siklus kedua. Siswa pada siklus kedua yang mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) adalah 92,86%. Kata kunci: pembelajaran, lompat tinggi, alat bantu

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:32
Last Modified: 29 Jan 2019 14:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2369

Actions (login required)

View Item View Item