ANALISIS TINDAK TUTUR DALAM KEGIATAN DISKUSI PADA PEMBELAJARAN BERBICARA KELAS X SMA N 1 SEWON

Banondari, Reki (2015) ANALISIS TINDAK TUTUR DALAM KEGIATAN DISKUSI PADA PEMBELAJARAN BERBICARA KELAS X SMA N 1 SEWON. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI REKI BANONDARI.pdf

Download (40MB) | Preview

Abstract

Tindak tutur merupakan aspek penting yang digunakan dalam kegiatan diskusi siswa di kelas. Oleh karena itu, perlu diperhatikan pemakaian tindak tutur yang dituturkan oleh siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan fungsi tindak tutur dalam kegiatan diskusi pada pembelajaran berbicara kelas X SMA N 1 Sewon. Penelitian Analisis Tindak Tutur dalam Kegiatan Diskusi pada Pembelajaran Berbicara Kelas X SMA N 1 Sewon ini merupakan penelitian deskriptif . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Sewon dalam kegiatan diskusi kelas. Objek penelitian ini adalah tindak tutur dalam diskusi kelas siswa kelas X SMA N 1 Sewon. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data menggunakan teknik simak bebas libat cakap, teknik rekam dan teknik catat. Analisis data menggunakan metode padan pragmatik. Hasil penelitian dapat dijabarkan sebagai berikut. Pertama, ada beberapa enis tindak tutur yang ditemukan. Berdasarkan tujuan tindak dari pandangan penutur, ditemukan tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi. Tindak tutur lokusi meliputi bentuk berita, tanya dan perintah. Tindak tutur ilokusi meliputi ilokusi sertif, direktif, ekpresif, komisif dan deklaratif. Berdasarkan bentuk penyampaian maksud tuturan ditemukan tindak tutur langsung dan tidak langsung. Berdasarkan pengungkapan makna ditemukan tindak tutur literal dan tidak literal. Kedua, ungsi tindak tutur yang ditemukan meliputi fungsi menginformasikan, bertanya, memerintah, menyatakan, menyebutkan, menunjukkan, mengakui, menuntut, mempertahankan, menyanggah, meminta, menyarankan, mengeluh, menyindir, mengucapkan salam, mengucapkan maaf, mengucapkan terima kasih, mengkritik, memuji, mengizinkan, melarang, menawarkan, membatalkan, membuat mitra utur melakukan sesuatu, membuat mitra tutur terbujuk, membuat mitra tutur ertarik, membuat mitra tutur kesal, dan membuat mitra tutur mengurangi ketegangan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23683

Actions (login required)

View Item View Item