EFEKTIVITAS STRATEGI QuIP (QUESTIONS INTO PARAGRAPHS) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 IMOGIRI BANTUL DIY

yanti, Yuli (2015) EFEKTIVITAS STRATEGI QuIP (QUESTIONS INTO PARAGRAPHS) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 IMOGIRI BANTUL DIY. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YULIYANTI NIM 11201241065.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: (1) perbedaan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi QuIP (Questions Into Paragraphs) dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi QuIP (Questions Into Paragraphs), dan (2) efektivitas strategi QuIP (Questions Into Paragraphs) dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VII SMP N 1 Imogiri Bantul DIY. Strategi QuIP (Questions Into Paragraphs) digunakan karena strategi ini dapat membantu siswa menganalisis, mengembangkan, dan memproses sebuah ide atau gagasan dalam pembelajaran menulis sehingga perlu diujicoba efektivitasnya dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experimental. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas strategi QuIP (Questions Into Paragraphs) dan variabel terikat kemampuan menulis teks eksplanasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Imogiri Bantul DIY. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Hasilnya ditetapkan kelas VII C sebagai kelompok kontrol dan kelas VII D sebagai kelompok eksperimen. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, yaitu tes awal dan tes akhir menulis teks eksplanasi. Hasil uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan varian data penelitian ini homogen. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penghitungan uji-t pada data skor tes akhir kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa nilai t sebesar 4,493, df sebesar 58, dan P sebesar 0,000. Hasil penghitungan uji-t pada data skor tes awal dan tes akhir kelompok eskperimen menunjukkan bahwa nilai t sebesar 5,285, df sebesar 29, dan P sebesar 0,000. Nilai P lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (P 0,000<0,005) maka signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) ada perbedaan yang signifikan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi QuIP (Questions Into Paragraphs) dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi QuIP (Questions Into Paragraphs), dan (2) strategi QuIP (Questions Into Paragraphs) efektif dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VII SMP N 1 Imogiri Bantul DIY.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23680

Actions (login required)

View Item View Item