PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN PENGUASAAN PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI MINI MELALUI AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 KRENCENG KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA

Indra Wahyu Widiatmo (2015) PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN PENGUASAAN PASSING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI MINI MELALUI AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 KRENCENG KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa takut melakukan passing bawah dikarenakan mereka takut terjadi cedera. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil pembelajaran penguasaan passing bawah permainan bolavoli mini melalui media audio visual pada siswa kelas IV di SD Negeri 3 Krenceng, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen. Desain penelitian adalah dengan bentuk One Group Pretest and Posttest Design, yaitu eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Krenceng, sejumlah 18 siswa. Instrumen penelitian adalah tes keterampilan passing bawah dari Moelyono, dengan koefisien faliditas sebesar 0,86 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,93. Analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Apabila Mean hasil pretest < mean hasil posttest, maka dapat disimpulkan adanya peningkatan penguasaan passing bawah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pendekatan audio visual dalam pembelajaran kemampuan passing bawah siswa kelas IV SD Negeri 3 Krenceng Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga yang dilakukan sebanyak 12 kali pertemuan, mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran kemampuan passing bawah. (2) Hasil mean hitung pretest < dari hasil mean hitung posttest (10,28 < 14,17); maka hipotesis yang menyatakan: “Ada peningkatan hasil pembelajaran penguasaan passing bawah permainan bolavoli mini melalui media audio visual pada siswa kelas IV di SD Negeri 3 Krenceng, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga”, diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Passing Bawah, Bolavoli Mini, Audio Visual, Anak SD
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:51
Last Modified: 30 Jan 2019 01:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23673

Actions (login required)

View Item View Item