PENGARUH LATIHAN MEMUKUL BOLA DIGANTUNG TERHADAP FREKUENSI SMASH DI DINDING PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI DI SMP N 1 SANDEN BANTUL

Rangga Wisnu Pangestu Aji (2015) PENGARUH LATIHAN MEMUKUL BOLA DIGANTUNG TERHADAP FREKUENSI SMASH DI DINDING PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI DI SMP N 1 SANDEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Teknik smash merupakan aspek yang sangat penting dalam permainan bola voli. Teknik ini sangat efektif untuk mendapatkan poin dan mematikan pergerakan lawan. Banyak metode latihan yang dirasa mampu meningkatkan kualitas smash pada permainan bolavoli salah satunya dengan menggunakan metode latihan bola digantung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Smash dalam permainan Bolavoli dengan bola digantung terhadap kemampuan teknik smash bolavoli siswa peserta ekstrakurikuler Bolavoli SMPN 1 Sanden. Subyek dari penelitian ini adalah siswa SMP N 1 Sanden yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli dengan jumlah 20 siswa. Pengambilan data menggunakan tes, dengan instrument yang digunakan berupa melakukan smash tes dari Stenley. Adapun skor diperoleh dengan satuan menit.Teknik analisis data menggunakan analisis uji t, melalui uji prasyarat normalitas, dan linearitas. Hasil uji t diperoleh t hitung sebesar 6,432 lebih besar dari t tabel sebesar 1,729. Ini berarti ada pengaruh model pembelajaran dengan bola digantung terhadap kemampuan teknik dasar smash siswa peserta ekstrakurikuler Bolavoli di SMPN 1 Sanden. Besarnya rerata kemampuan sebelum diberikan treatmen 6,45 sedangkan rerata kemampuan setelah diberikan treatment sebesar 10,45. Rerata kemampuan sesudah diberikan treatmen lebih besar daripada kemampuan sebelum diberikan treatmen, sehingga ada pengaruh yang diperoleh dari model pembelajaran smash dengan model bola digantung yakni sebesar 39,2%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler bolavoli, metode latihan bola digantung, smash
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:51
Last Modified: 11 Mar 2019 02:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23664

Actions (login required)

View Item View Item