Pola Pembinaan Anak Berkebutuhan Khusus Di Panti Asuhan Bina Siwi Bantul Yogyakarta

Aswi, Vera Priechielia Putri (2015) Pola Pembinaan Anak Berkebutuhan Khusus Di Panti Asuhan Bina Siwi Bantul Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI 11413241004.swf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan anak berkebutuhan khusus di panti asuhan Bina Siwi Bantul Yogyakarta, meliputi pola pembinaan anak berkebutuhan khusus dan faktor pendukung serta penghambat pembinaan di panti asuhan Bina Siwi. Kajian tentang pola pembinaan di panti asuhan Bina Siwi ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria yaitu orang yang paling mengetahui tentang keseharian di panti asuhan dan orang yang mengalami/ merasakan tinggal di panti asuhan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Proses analisis data penelitian ini menggunakan analisis model interaktif Miles dan Hubberman, mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, hingga proses verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan pola pembinaan yang diterapkan di panti asuhan Bina Siwi terbagi menjadi beberapa tahapan yaitu pendekatan awal dan identifikasi, pelayanan dan bimbingan mental, resosialisasi. Terdapat perbedaan antara pembinaan anak binaan yang masih sekolah dan sudah tidak sekolah. Pembinaan untuk anak binaan yang masih sekolah difokuskan kepada pendidikannya sedangkan anak binaan yang sudah lulus sekolah difokuskan pada pembinaan keterampilan dan bina diri. Pendekatan yang dilakukan pihak panti asuhan dengan anak binaan dalam proses pembinaannya bersifat kekeluargaan sehingga anak merasa nyaman dan senang. Pihak panti asuhan selalu mendasari sebuah tindakan dengan pemikiran-pemikiran yang rasional dan bersikap realistis tidak memaksakan kehendak tanpa menyesuaikan dengan kemampuan anak binaan. Pola pembinaan yang dilakukan pihak panti asuhan kepada anak binaan cenderung kepada pola asuh Authoritative/Demokratis karena memprioritaskan kepentingan atau kemauan anak, akan tetapi pihak panti asuhan juga tidak ragu dalam mengendalikan mereka. Dalam proses pembinaan terdapat faktor-faktor yang mendukung dan menghambat. Faktor pendukung yaitu jiwa anak binaan, kerjasama antara anggota pihak panti asuhan, para donatur, sarana prasarana, dan kepercayaan masyarakat. Sedangkan faktor penghambat yaitu kondisi anak binaan, keluarga, keterbatasan dana, dan kurangnya tenaga pengasuh. Kata Kunci:Pola Pembinaan, Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat, Panti Asuhan Bina Siwi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 23 Jul 2015 00:54
Last Modified: 30 Jan 2019 01:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23660

Actions (login required)

View Item View Item