Wijayanti, Ria (2015) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Structured Numbered Heads (SNH) dan Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Pendekatan Matematika Realistik ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal dan Prestasi Belajar Geometri Siswa SMP. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-ria-wijayanti-13709251008.swf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Structured Numbered Heads (SNH) dengan pendekatan matematika realistik ditinjau dari kecerdasan interpersonal dan prestasi belajar matematika; 2) keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan pendekatan matematika realistik ditinjau dari kecerdasan interpersonal dan prestasi belajar matematika; dan 3) pembelajaran yang lebih efektif antara model pembelajaran Structured Numbered Heads (SNH) dengan pendekatan matematika realistik dan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan pendekatan matematika realistik ditinjau dari kecerdasan interpersonal dan prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Penelitian ini dilaksanakan dalam sembilan kali pertemuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C (SNH-PMR) dan VIII D (NHT-PMR). Instrumen yang digunakan adalah angket kecerdasan interpersonal yang terdiri dari 21 butir pernyataan dengan koefisien reliabilitas 0,863dan tes prestasi belajar matematika berupa 20 soal pilihan ganda dengan koefisien reliabilitas untuk instrumen pretest adalah 0,696, untuk posttest adalah 0,706. Analisis data meliputi: 1) Uji one sample t-test pada taraf signifikansi 5% digunakan untuk menganalisis keefektifan model SNH-PMR dan NHT-PMR ditinjau dari kecerdasan interpersonal dan prestasi belajar matematika, dan 2) uji multivariat (MANOVA) dengan Hotelling’s Tracepada taraf signifikansi 5%digunakan untuk membandingkan keefektifan model SNH-PMR dan NHT-PMR ditinjau dari kecerdasan interpersonal dan prestasi belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran menggunakan SNH-PMR efektif ditinjau dari kecerdasan interpersonal dan prestasi belajar matematika, 2) pembelajaran menggunakan NHT-PMR efektif ditinjau dari kecerdasan interpersonal dan prestasi belajar matematika, dan 3) tidak terdapat perbedaan keefektifan antara model pembelajaran SNH-PMR dibandingkan dengan NHT-PMR ditinjau dari kecerdasan interpersonal dan prestasi belajar matematika.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan matematika realistik, structured numbered heads, numbered heads together, kecerdasan interpersonal, prestasi belajar matematika |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 07:54 |
Last Modified: | 09 May 2019 02:32 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23655 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |