Komparasi Pembelajaran Statistika melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Pendekatan Problem Posing Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Minat Belajar Matematika Siswa SMK

Narendrati, Nevi (2015) Komparasi Pembelajaran Statistika melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Pendekatan Problem Posing Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Minat Belajar Matematika Siswa SMK. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nevi-narendrati-13709251009.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran statistika melalui pendekatan CTL ditinjau dari prestasi belajar dan minat belajar matematika siswa SMK; (2) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran statistika melalui pendekatan problem posing ditinjau dari prestasi belajar dan minat belajar matematika siswa SMK; (3) menyelidiki manakah yang lebih efektif antara pembelajaran statistika melalui pendekatan CTL dan pendekatan problem posing ditinjau dari prestasi belajar dan minat belajar matematika siswa SMK. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan rancangan pretest-posttest non-equivalent group design. Penelitian menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 5 Yogyakarta yang terdiri dari 14 kelas. Dari populasi yang ada diambil secara acak dua kelas sebagai sampel penelitian. Kelas yang diperoleh yaitu kelas XI Animasi A dan XI Animasi B. Kelas XI Animasi A belajar melalui pendekatan CTL dan XI Animasi B belajar melalui pendekatan problem posing. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar dan angket minat belajar matematika. Untuk menguji keefektifan pendekatan CTL dan problem posing digunakan analisis one sample t-test pada aspek prestasi belajar dan uji proporsi pada aspek minat belajar. Selanjutnya untuk membandingkan keefektifan pembelajaran matematika melalui pendekatan CTL dan problem posing, data dianalisis secara multivariat menggunakan uji T2 Hotelling. Jika terdapat perbedaan keefektifan, maka dilakukan uji lanjut t-univariat untuk menentukan variabel tertentu yang berkontribusi terhadap perbedaan secara keseluruhan. Setiap analisis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran statistika melalui pendekatan CTL efektif ditinjau dari prestasi belajar tetapi tidak efektif ditinjau dari minat belajar matematika siswa SMK; (2) pembelajaran statistika melalui pendekatan problem posing efektif ditinjau dari prestasi belajar dan minat belajar matematika siswa SMK; (3) tidak terdapat perbedaan keefektifan antara pembelajaran statistika melalui pendekatan CTL dan pendekatan problem posing ditinjau dari prestasi belajar dan minat belajar matematika siswa SMK.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan CTL, pendekatan problem posing, prestasi belajar, minat belajar matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:54
Last Modified: 09 May 2019 02:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23654

Actions (login required)

View Item View Item