Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Bercirikan Problem-Based Learning untuk Mengembangkan Higher Order Thinking Skills Siswa SMA Kelas X Semester 2

Susanto, Edi (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Bercirikan Problem-Based Learning untuk Mengembangkan Higher Order Thinking Skills Siswa SMA Kelas X Semester 2. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-edi-susanto-13709251078.swf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika bercirikan problem-based learning yang valid, praktis, dan efektif untuk mengembangkan higher order thinking skills siswa SMA Kelas X Semester 2 yang berupa RPP dan LKS dengan karakteristik: (1) berorientasi pada masalah nyata yang tidak terstruktur dan open-ended, (2) disusun berdasarkan langkah PBL dan saintifik, dan (3) mengembangkan higher order thinking skills siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Tahapan pengembangan yang dilakukan meliputi: (1) pendefinisian, (2) perancangan, (3) pengembangan, dan (4) penyebaran. Uji coba dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu: (1) uji coba ahli/validasi ahli, (2) uji coba terbatas, dan (3) uji coba lapangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar validasi, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, dan lembar instrumen tes hasil belajar. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah guru dan siswa yang dipilih dari dua sekolah, yaitu SMAN 03 Mukomuko dan SMAN 05 Mukomuko. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran matematika bercirikan problem-based learning yang dikembangkan telah memenuhi aspek validitas, kepraktisan, dan kefektifan. Aspek tersebut didasarkan hasil tiga tahap uji coba. (1) Hasil validitas menunjukkan bahwa RPP dan LKS yang dikembangkan pada kategori valid. Hal ini berdasarkan analisis Aiken dengan indeks pada RPP sebesar 0,69 dan LKS sebesar 0,70. (2) Hasil uji coba terbatas menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan pada kategori praktis. (3) Keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditunjukkan dari hasil uji coba lapangan. Hasil tes higher order thingking skills menunjukkan persentase siswa yang telah mencapai KKM lebih dari 75%. Persentase ketuntasan secara klasikal kelas X-3 SMAN 03 Mukomuko sebesar 80% dan kelas X-2 SMAN 05 Mukomuko sebesar 82,61%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran matematika, problem-based learning, higher order thinking skills
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:54
Last Modified: 09 May 2019 02:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23652

Actions (login required)

View Item View Item